Playground

Jalan-Jalan Ke Dunia Fantasi, Yuk

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 16 November 2013

Jalan-Jalan Ke Dunia Fantasi, Yuk

Suka baca buku atau komik dan nonton film fantasi, girls? Pasti udah enggak asing lagi dong dengan dunia fantasi ini? Jalan-jalan ke sana, yuk, sekaligus mengenal kehidupan di sana

 

Middle Earth

Di antara dunia fantasi lain, Middle Earth memang yang paling terkenal. Pulau ciptaan J.R.R. Tolkien ini menjadi latar cerita The Hobbit dan The Lord Of The Rings. Sebenarnya, Middle Earth sendiri merupakan bagian dari alam semesta ciptaan Tolkien, bernama Arda. Di Arda, ada Eru Iluvatar, pimpinan tertinggi, semacam Tuhan.

 

Lalu ada dua pulau besar, yaitu Middle Earth dan Valinor. Valinor sendiri merupakan tempat suci yang hanya bisa diinjak oleh Valar, semacam dewa, dan elf. Dunia Tolkien sendiri terbagi atas empat zaman, First Age, Second Age, Third Age, dan Forth Age. Nah, cerita The Hobbit dan LOTR itu sendiri terjadi di Third Age. Ketika Sauron dikalahkan, Third Age oun berakhir dan dimulailah Forth Age. Dibanding dunia fantasi lain, Middle Earth memang yang paling kompleks, girls.

 

Narnia

Dulu, CS Lewis adalah sahabat baiknya J.R.R Tolkien. Jika Tolkien punya Middle Earth, maka Lewis punya Narnia. Di sinilah terjadi petualangan Lucy Pevensie seperti yang ditemukan di ketujuh novel Tolkien. Di Narnia, beberapa binatang bisa bicara dan di sini bisa ditemukan sihir. Umumnya, sih, hanya anak kecil ini yang bisa masuk ke Narnia. Mitosnya, Narnia dibuat oleh The Great Lion, alias Aslan. Ternyata, nama Narnia berasal dari sebuah tempat di Itali, Narni. Ketika membuatnya, Lewis membayangkan Irlandia, girls.

 

Panem

Ceritanya, di masa depan dunia yang kita kenal sekarang akan hancur dan muncullah dunia baru, yaitu Panem. Katanya, sih, terletak di daerah Amerika Utara. Sedangkan Capitol sendiri berada di Rocky Mountains. Panem dipimpin oleh presiden yang sangat dictator, yaitu President Snow, sebelum akhirnya terjadi pemberontakan. Panem sendiri terbagi atas tiga belas distrik. Panem sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu panem et circenses, yang berarti roti dan sirkus.

 

Westeros

Serial The Game Of Thrones terjadi di Westeros. Di pulau ini awalnya ada tujuh kerajaan yang berdiri terpisah, lalu setelah kedatangan Aegon the Conquerer, Seven Kingdom ini bersatu di bawah pimpinan raja di Iron Throne yang terletak di King's landing.

 

Beberapa tempat yang terkenal di sini adalah Beyond The Wall yang dikuasai Wildlings dan White Walkers, daerah Utara atau Winterfell tempat tinggalnya keluarga Starks, The Iron's Island dengan yang terbesar adalah keluarga Greyjoy, Riverlands, Vale yang ditempati keluarga Arryn, Westerland yang dipimpin keluarga Lannister di Casterly Rock, Crownlands, Reach yang dipimpin keluarga Tyrell di Highgarden, dan Stormlands tempat tinggalnya keluarga Baratheon.

 

Dan juga ada Dorne, satu-satunya daerah yang enggak bisa ditaklukkan tapi bergabung dengan Westeros karena pernikahan. Selain itu, masih banyak lagi daerah lain di luar Westeros, seperti tempat terjadi petualangannya Daenerys.

 

Gotham City

Siapa, sih, yang enggak kenal kota satu ini? Gotham City sering dihantui teror tapi arga Gotham enggak perlu khawatir akrena mereka punya Batman. Ceritanya, Gotham ini berada di Amerika, girls. Lucunya, nih, sebenarnya Gotham berarti "a safe place for goats". Konon kabarnya, banyak yang mengasosiasikan Gotham ini sebagai New York di waktu malam hari.


Metropolis

Batman punya Gotham City, maka Superman punya Metropolis. Di dalam universe DC Comics,Metropolis digambarkan sebagai tempat paling besar dan paling sejahtera di dunia. Populasinya sendiri hampir mencapai 11 juta orang. Dan salah satunya adalah Superman. Kalau new York dijuluki Big Apple, Metropolis dijuluki Big Apricot, he-he-he


Oz

Di cerita The Wonderful Wizard of Oz, Dorothy tiba-tiba terlempar ke Oz dari rumahnya di Kansas. Oz dideskripsikan sebagai "fairy country" yang terbagi atas empat negara, yaitu Munchkin Country atau sering disebut Munchkinland di sebelah timur, Winkie Country atau The Vinkus di sebelah barat, Gilikin Country di utara, dan Quadling di Selatan. Di bagian tengah, ada dua daerah yang bersilangan, yaitu Emerald City yang jadi ibu kota Oz, dan kerajaan Oz yang dipimpin Princess Ozma.

 

(iif. foto: lotr.wikia.com, makinggameofthrones.com, flickreview.com, batman.wikia.com, smallville.wikia.com, digitaltrends.com, awesomestories.com)

 

 

Tags : fantasy world

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN