Playground

Ilmuwan Ungkap Fakta Rasa Pada Makanan

Published by : Marti Posted on : Rabu, 26 Maret 2014

Ilmuwan Ungkap Fakta Rasa Pada Makanan

Rasa yang kita kenal adalah asam, asin, manis, pedas, pahit, tawar dan umami. Ternyata, para ilmuwan menemukan fakta dan mengkategorikan rasa dengan cara beda. Apa saja ya?

 

Evolusi Diet

Dengan rasa, tubuh kita akan mendeteksi makanan yang seharusnya boleh dimakan atau tidak. Dengan rasa, secara alami tubuh akan mencari nutrisi dalam kandungan makanan. Alam membantu tubuh menyelesaikan masalah melalui rasa dalam makanan. Makanya, enggak heran saat bayi ditawari beragam jenis makanan. Dia bisa menentukan mana makanan tepat mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya melalui rasa.

 

Indera Perasa

Ternyata, kita enggak merasakan rasa hanya melalui lidah. Kita harus mencium, merasakan, mendengar makanan tersebut. Terus, temperatur ruangan ternyata menentukan rasa makanan pada mulut. Saat makan, tubuh terstimulasi menciptakan sensasi di otak, maka terciptalah rasa.

 

Warna Mempengaruhi Rasa

Warna ternyata berperan besar dalam menentukan rasa. Terbukti dalam wine, rasa tiap warna akan berbeda. Peneliti di Universitas Bordeaux, menemukan ketika pelajar diberikan wine putih, yang diberi pewarna merah dengan rasa buatan, mereka bilang rasanya persis red wine. Padahal seharusnya berbeda.

 

Rasa Kopi

Ilmuwan di Universitas Rutgers, Michigan, Amerika Serikat, menemukan ketebalan cangkir mempengaruhi rasa dan kualitas kopi. Kalau kita memberikan minuman kopi yang sama di dua gelas, satu tipis dan satu tebal, mereka akan milih cangkir tebal.

 

Tidak Ada Peta Lidah

Yang kita pelajari di sekolah, lidah kita terdiri hanya dari beberapa bagian dalam rasa. Sayangnya, riset membuktikan lidah kita mampu mensensor rasa sebanyak 50 sampai 100 rasa yang berbeda. Bukan hanya sebatas rasa pada peta lidah yang kita pelajari selama ini.

 

Bau Makanan

Bau makanan paling berpengaruh membantu tubuh mengenal rasa. Walau lidah kita sedang bermasalah, bau akan membantu tubuh mengenal rasa. Makanya kalau kita terserang flu, lidah kita sulit merasakan makanan dengan nyaman.

 

 

(stefanie, foto: healthyhomosapien.com, amoils.com, inumcconnect.org, jamesbeard.org, lifestyle.yahoo.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN