Playground

Gua Air Misterius Paling Mematikan Di Dunia

Published by : Marti Posted on : Jumat, 23 Mei 2014

Gua Air Misterius Paling Mematikan Di Dunia

Banyak tempat misterius yang enggak kita ketahui, termasuk gua laut atau sungai paling misterius di dunia. Gua-gua ini terdapat di lokasi terpencil dan masih dalam tahap penelitian ilmuwan. Meski berkali-kali dilakukan penyelidikan, sampai saat ini belum ada penjelasan ilmiah mengapa gua ini terbentuk dan apa yang ada didasarnya.

 

Sumur Jacob

Sumur misterius yang terletak di Texas Hill Country, Amerika Serikat, merupakan salah satu gua air paling misterius di dunia. Walau belum ada penjelasan ilmiah mengenai gua tersebut, turis asing dan lokal sering mengunjungi untuk pariwisata atau berenang di sumur tersebut. Air di gua ini sangat jernih dan terlihat transparan. Sehingga saat terjun ke dalamnya kita seperti merasa di ruangan kosong. Gua ini juga kaya akan habitat spesies air. Akan tetapi ada peringatan khusus yang harus kita ingat, karena gua ini sangat berbahaya untuk diselam. Dengan diameter 4 meter dan kedalaman yang diperkirakan mencapai 10 meter, kita enggak boleh menyelam terlalu dalam. Sudah lebih dari 8 penyelam yang dilaporkan hilang selama melakukan penelitian ilmiah di gua tersebut.


Blue Holes

Lubang biru atau blue holes terletak di Exuma, Kepulauan Bahama. Lokasi objek wisata ini sangat ramai dikunjungi turis asing untuk menghabiskan liburan. Lubang raksasa ini dipercaya terbentuk sejak zaman es ketika level air laut lebih rendah 400 kaki daripada saat ini. Terbentuk akibat hujan asam selama lebih dari 10.000 tahun dan tererosi oleh zaman batu sehingga terbentuklah sistem sungai bawah laut dan gua yang besar. Gua ini memiliki banyak terowongan yang dianggap menyesatkan. Sangat amat disarankan untuk tidak mengeksplorasi ruang sendirian tanpa pengawasan ahli. Kedalamannya sendiri masih diperdebatkan ilmuwan. Yang pasti, gua ini merupakan situs alam yang sangat berharga.

 

Fingal Cave, Skotlandia

Gua ini ditemukan di National Nature Reserve Staffa, Skotlandia. Staffa merupakan kepulauan yang enggak berpenghuni dan jarang dikunjungi warga. Saat ditemukan, peneliti dan ilmuwan geologis terpukau dengan pesona lokasi yang enggak biasa. Pulau dan gua ini seperti terdiri dari tumpukan balok batu raksasa yang membentuk setengah lingkaran. Beberapa ahli bersependapat, aliran larva yang membuat gua ini terlihat seperti tumpukan balok. Warga lokal sendiri memanggil tempat ini dengan sebutan gua melodi. Karena gema yang dihasilkan ombak seperti sebuah nyanyian yang indah. Menurut mereka, suara ini terdengar seperti sedang berada di dalam gereja Katredal. Gua ini berhasil menginspirasikan banyak seniman, penyanyi, komposer musik bahkan penulis terkenal. Termasuk Pink Floyd, Felix Mendelsshon dan August Strindberg.


Vortex Spring

Vortex Spring merupakan wilayah rekreasi yang dibuka untuk umum di Ponce de Leon, Florida, Amerika Serikat. Di lokasi ini pengunjung bisa berkemah, rekreasi, olahraga air termasuk menyelam. Meski dianggap sebagai lokasi menyelam terlengkap di Amerika, menyelam disini bisa mematikan. Penyelam berpengalaman hanya boleh menyelam sedalam 35 meter. Dan diberi papan peringatan pada gua-gua yang ada di dalamnya. Banyak penyelam yang dilaporkan hilang saat menyelam. Mereka diduga mengabaikan peringatan untuk terus menyelam jauh ke dalam gua.


Cenote Meksiko

Tertarik kepengin lihat sungai di bawah air? Coba kunjungi Cenote Angelita di Yucatan Peninsula, Meksiko. Sungai di bawah iar ini terbentuk di gua yang berisi air asin. Meski sangat unik dan banyak pengunjung tertarik melihatnya, enggak sembarangan penyelam diizinkan melihatnya karena berbahaya. Di bawah air terdapat gua yang berisi kimia hydrogen sulfide diantara air tawar dan air asin pada dasar sungai. Sehingga terlihat seperti aliran sungai di bawah air. Selain sungai, terdapat gua berbentuk labirin yang sangat menyeramkan. Disini terdapat banyak situs dan tengkorak suku Maya yang bertebaran di sepanjang gua. Beberapa penyelam juga dikabarkan menghilang. Bahkan terdapat banyak papan peringatan untuk mencegah korban semakin banyak. Penduduk setempat menempatkan patung Virgin Mary, sebagai symbol menghormati penyelam yang hilang atau meninggal saat eksplorasi di gua tersebut.

 

 

(stefanie, foto: tampabay.com, placestoseeinyourlifetime.com, blogspot.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN