Playground

Festival Film Anak dan Remaja di Dunia

Published by : Marti Posted on : Minggu, 30 Maret 2014

Festival Film Anak dan Remaja di Dunia

Festival anak dan remaja aktif diselenggarakan di dunia. Festival ini terus menarik perhatian masyarakat, sineas muda, bahkan selebriti dan sutradara Hollywood. Kategori usia tiap festival beragam, jangan terkejut kalau saat berkompetisi nanti usia lawan kita anak kecil berumur 3 tahun!

 


Boston International Kids Film Festival

Festival Film Anak Internasional Boston, adalah festival khusus anak dan remaja. Syarat usia yang diwajibkan 10 tahun ke atas. Festival ini berlangsung selama 3 hari di Boston, Amerika Serikat. Selama 3 hari tersebut juri akan memilih film terbaik. Selain kompetisi film, kita bisa mengikuti workshop dan talkshow dari selebriti atau sutradara ternama yang menjadi bintang tamu. Biar enggak penasaran, kunjungi website resminya di bikff.org untuk ikut kompetisi ini.

 

Kinder Film Festival

Ada dua festival Kinder, di Jepang dan Berlin. Kedua festival ini sama-sama memiliki posisi di acara bergengsi Berlin Film Festival, pada kanal anak-anak. Setiap tahunnya, peserta Kinder Film Festival bertemu di Berlin untuk berkompetisi, pertukaran budaya dan karya, serta ikut dalam pameran dan workshop film.

 

Kuki Film Festival

Kuki Film Festival merupakan salah satu festival film anak dan remaja terbesar di dunia. Festival ini dilakukan di Berlin, Jerman, dengan kategori yang di sesuaikan umur. Mulai dari 6 tahun sampai pelajar 14 tahun ke atas. Yang keren dari festival ini, kita enggak hanya berkompetisi film, tapi juga animasi. Selain itu bisa menghadiri kelas animasi gratis setiap hari dari ahlinya.

 

New York International Children Film Festival

NYCIFF pertama kali diselenggarakan pada tahun 1997. Festival ini diperuntukan anak dan remaja yang jenius, memiliki passion, pro aktif di dunia sinema. Kategori film ini dimulai dari umur 3 tahun sampai 18 tahun. Semenjak diluncurkan, NYCIFF menjadi festival anak dan remaja terbesari di Amerika Utara. Dengan jumlah pengunjung 25 ribu dan terus bertambah tiap tahun dan tiket film yang selalu sold out!

 

Giffoni International Film Festival

Festival ini adalah festival film anak dan remaja terbesar di Eropa, bahkan dunia. Setiap tahun, sineas muda berkumpul di kota kecil Italia, Giffoni Valle Piana, Campania. Ada 39 negara yang rutin berkompetisi untuk memenangkan piala paling bergengsi. Festival ini menarik 100 ribu pengunjung, turis, sutradara dan produser ternama, bahkan selebriti Hollywood untuk menonton. Melihat kesuksesannya, Festival Gifffoni melebarkan sayap di Hollywood. Dengan menyelenggarakan Giffoni Hollywood Film Festival, di Amerika Serikat.

 

National Film Festival for Talented Youth

NFFTY adalah festival film yang dibuat 3 remaja bernama Jesse Harris, Jocelyn R.C dan Kyle Seago di kota Seattle Amerika Serikat. Ada 30 anak dan remaja di dunia yang ikut bergabung di festival NFFTY. Dengan 700 film yang di submitted ke pihak panitia. Saking suksesnya, panitia membuat 2 gala, 14 workshop, 30 pameran untuk 200 peserta dan 20 ribu pengunjung selama 4 hari berturut-turut.

 

 

(stefanie, foto: mcelroyfilms.com, missgordon.com, lux-nijmegen.nl, naehk.com, en.unifrance.org, queenanneview.com)

 

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN