Playground

Fakta Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Karena Stress

Published by : Marti Posted on : Selasa, 1 Juli 2014

Fakta Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Karena Stress

Pasti dong kita pernah merasa stress. Tapi tahu enggak ternyata stress ada efeknya lho sama tubuh kita. Walau aneh, pakar medis Nancy Molitor Ph.D, Profesor Psikiatris Universitas Northwestern Sekolah Kedokteran Feinberg kalau cewek paling rentan mengalami masalah fisik saat stress! Fakta apa saja sih yang bakal terjadi di tubuh kita saat stress?

 

Sakit Perut

Setiap kali stress, umumnya kita bisa sakit perut. Pas lagi stress, gastrik atau asam lambung kita meningkat lebih banyak. Makanya kita lebih mudah sakit perut akibat maag dan diare. Hal ini normal. Soalnya setiap kita sakit perut, mual dan muntah pas lagi stress artinya otak kita lagi melepas hormone endorphin supaya lebih nyaman.

 

1

Sakit perut pemicunya bukan hanya PMS lho!

 

Rambut Rontok

Stress yang lebih dari tiga atau enam bulan biasanya bisa menyerang rambut. Gara-gara kita stress, rambut kita rontok. Jumlah kerontokan beragam, adanya yang normal atau kurang dari 100 lembar per hari ada juga yang parah sampai terlihat botak! Alasan kita rontok ternyata tubuh kita lagi kerjakeras melepas hormon seks andogren yang levelnya tinggi banget. Hormon ini fungsinya bikin mood kita kembali seimbang dan stress berkurang.

 

1

Kalau jumlah rambut rontok masih di bawah 100 helai per hari artinya normal.

 

Baca juga: Beauty Habits Untuk Mencegah Rambut Rontok

 

Kelopak Atau Kulit Area Mata Berkedutan

Saat area mata kita merasa berkedutan, jangan langsung menghubungkan dengan mitos. Bisa jadi kita sedang mengalami stress. Biasanya saat stress, mata kita berkedutan selama lima menit. Kabarnya hal ini normal, tapi ilmuwan ngaku kalau belum ada alasan tepat kenapa mata kita bisa seperti ini setiap stress.

 

1

Mata Kedutan enggak selalu karena kepengin menangis.

 

Jerawat Dan Ruam

Gara-gara hormon androgren itu, kulit kita jadi lebih sensitif. Makanya, tiap kali stress pasti gampang banget jerawatan. Supaya enggak semakin meradang, sebaiknya pulihkan hati dan berobat ke dokter ya!

 

1

Jangan sampai kena jerawat nih gara-gara stress!

 

Baca juga: Tips Basmi Jerawat Dalam 24 Jam!

 

Sakit Punggung

Karena tubuh kita melawan balik stress, aliran darah dan detak jantung kita lebih cepat dari biasanya. Makanya otot kita gampang kaku, tegang atau tertarik. Umumnya nyeri otot yang disebabkan stress bikin kita sakit pinggang, punggung atau bagian kaki.

 

1

Begini kira-kira situasi kita pas lagi stress.

 

Baca juga: Pengaruh Stress Buat Kulit Kita

 

 

 

(stefanie, foto: fitsugar.com, tumblr.com, giphy.com, paindoctor.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN