Playground

Fakta Unik Festival Musik Coachella

Published by : Natasha Erika Posted on : Kamis, 17 April 2014

Fakta Unik Festival Musik Coachella

Festival musik Coachella adalah festival musik terbesar saat ini yang diselenggarakan setiap tahunnya di Amerika Serikat. Di festival ini pengunjung maupun entertainer mendapat kebebasan penuh untuk mengekspresikan diri. Selebriti dan musisi senior serta junior bercampur aduk. Ada yang menonton konser ada juga yang ikut performance. Yuk, kita lihat fakta unik dibalik kemeriahan festival Coachella.

 

Baca juga: 10 Hal Yang Bikin Coachella Jadi Festival Musik Yang Selalu Ditunggu

 

Rugi

Festival yang dihadiri 750 ribu setiap harinya ini ternyata gagal di event perdana mereka. Pihak penyelenggara rugi sebesar 800 ribu dollar untuk menutupi pembayaran musisi ternama. Kayak Beck, Tool, The Chemical Brothers, Morrissey dan Rage Against The Machine, tahun 1999 sebagai bintang tamu paling mahal di festival ini pada tahun tersebut.

 

Bintang Tamu di Atas Panggung

Musisi yang naik ke atas panggung biasanya ngasih kejutan buat penggemar mereka. Beyonce dengan adiknya, Solange Knowless. Kemudian Taylor Swift dan artis pendatang baru Sam Smith, sampai raja rap Jay Z dan Diddy. Tapia da kolaborasi yang masih menjadi perbincangan hangat sampai saat ini. Yaitu duet The Jesus and Mary Chain dengan Scarlett Johansson tahun 2007! Keduanya menyanyikan lagu soundtrack film Scarlett, Lost in Translation, Just Like Honey. Rekaman video duet mereka tersebar di Youtube. Dan setahun kemudian, Scarlett merilis album perdananya Anywhere I Lay My Head.

 

Kota Indio

Indio, California, tempat Coachella diselenggarakan adalah kota kecil dengan populasi sedikit, 40 ribu jiwa. Pas festival ini berlangsung mendadak ramai dan penuh. Hotel, motel, losmen bahkan rumah penduduk menyewakan kamar atau halaman mereka buat istirahat para pengunjung. Pengunjung membangun tenda di sekitar lokasi, tidur di jalan, bahkan di mobil. Makanan disini mendadak langka karena enggak mampu menyediakan sesuai kapasitas. Yang bikin sedih, setelah festival selesai, tumpukan sampah menggunung di banyak tempat.

 

Alkohol dan Narkoba

Yang bikin banyak pihak kecewa saat festival berlangsung adalah banyak remaja ditangkap akibat terbukti memakai narkoba. Paling banyak dari mereka menyimpan dan memakai mariyuana. Belum lagi kekacauan akibat minuman keras atau alkohol. Sebagai antisipasi, pihak kepolisian bekerja sama dengan kepolisian daerah lain buat mengamankan kota ini. Tahun 2012, di hari pertama Coachella berlangsung ditangkap 134 remaja yang 80% diantaranya mabuk alkohol dan 20% lainnya mengkonsumsi narkoba. Yang lebih ironis akibat pengaruh narkoba dan alkohol, seorang pemuda enggak sengaja menikam mantan pacarnya dengan pisau. Untungnya kasus ini cepat ditangani pihak kepolisian setempat.

 

Tiket

Tahun 2004, tiket Coachella terjual habis dalam waktu 2 jam setelah diumumkan di radio. Tiket festival ini dijual hari Jumat (10/1) jam 10 pagi dan terjual habis pada pukul 12 siang di seluruh penjuru Amerika secara online di Coachella.com.

 

Selebriti

Enggak heran selebriti datang menikmati festival ini tiap tahun. Dari seleb senior sampai junior. Seleb ini datang untuk menikmati event musik sekaligus adu gaya. Sayangnya, ada rumor yang mnegatakan kemunculan seleb ini ternyata adalah bagian dari promosi produk perusahaan. Seleb ini dibayar untuk datang dan muncul serta mengenakan pakaian atau memegang makanan produk perusahaan tersebut.

 

Kids On Coachella

Festival Coachella adalah festival segala umur. Anak-anak bisa masuk menikmati festival ini dengan syarat dan ketentuan tertentu. Pihak panitia dan penyelenggara juga memberikan fasilitas khusus buat mereka. Makanya di festival ini banyak selebriti dan penunjung yang membawa anak-anak mereka walau masih balita. Salah satunya model ternama Alessandra Ambrosio dengan anaknya Anja.

 

(stefanie, foto: coachella.com, stereogum.com, travelgrom.com, kjrh.com, inspiredsoulblog.com, fashiontrendseeker.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN