Playground

Fakta Unik Bakteri dalam Hidup Manusia

Published by : Marti Posted on : Rabu, 2 April 2014

Fakta Unik Bakteri dalam Hidup Manusia

Sejak kecil, kita belajar untuk memerangi bakteri jahat. Walau enggak selamanya merugikan, bakteri berkoloni di tubuh kita. Nah, ada beberapa fakta unik yang wajib kita ketahui soal bakteri. Cari tahu bareng yuk!


Jumlah Bakteri

Faktanya, hidup sepuluh kali lebih banyak bakteri daripada sel tubuh manusia. Ada 500 jenis bakteri yang hidup dan berkembang di manusia. Walau begitu adal 10 jenis bakteri baik yang hidup di tubuh kita. 10 jenis ini memiliki populasi 50% jadi jumlah seluruh bakteri yang ada.

 

Menciptakan Oksigen

Ilmuwan mengestimasi 50% oksigen di bumi yang kita hirup, diciptakan oleh bakteri. Bakteri menciptakan oksigen secara alami dan menyebarkannya ke bumi. Bakteri yang menghasilkan oksigen ini hidup di dalam laut.

 

Bakteri dan Jamur

Bakteri dan jamur ternyata bermusuhan lho. Keduanya saling menghancurkan demi bertahan hidup. Mereka juga saling makan satu sama lain sampai mendominasi ruang tinggalnya. Makanya, banyak ahli yang menggunakan jamur sebagai obat untuk melawan penyakit akibat bakteri, atau sebaliknya.

 

Tradisi

Sejak dulu, manusia menggunakan bakteri untuk membuat sesuatu. Kita memakai bakteri dalam pembuatan yogurt dan keju. Ternyata, rasa keju dan yogurt yang dimakan adalah rasa dari kotoran bakteri.

 

 

(stefanie, foto: telegraph.co.uk)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN