Playground

Fakta Kehebatan Cewek Dalam Penelitian Ilmiah

Published by : Marti Posted on : Senin, 26 Mei 2014

Fakta Kehebatan Cewek Dalam Penelitian Ilmiah

Fakta Ilmiah membuktikan bahwa cewek lebih hebat daripada cowok. Apa benar, cewek terbukti secara ilmiah lebih hebat dibanding cowok? Pertanyaan ini sering dipertanyakan banyak cewek di dunia. Meski enggak percaya diri dengan kemampuannya, ternyata penelitian ilmiah justru memberikan fakta mengejutkan kalau perempuan lebih hebat.

 

Cewek Lebih Multi Talenta Dibanding Cowok

Tim peneliti psikologi asal Inggris, menemukan fakta ilmiah pada dua penelitian yang membuktikan bahwa cewek lebih multi talenta dibanding cowok. Pada eksperimen pertama, mereka bertanya pada cowok dan cewek untuk memperagakan pekerjaan berbeda di komputer. Seperti menghitung dan menebak bentuk. Peneliti menemukan kalau cowok lebih lambat mencari dan berhitung dibanding perempuan. Sedangkan eksperimen kedua, mereka minta dua grup mencari restaurant di peta dan mencari kunci yang hilang di lapangan bersamaan dengan berhitung matematika yang sederhana dan berbicara lewat handphone. Cewek bisa menyelesaikan seluruh pekerjaan selama 8 menit dan sempurna dengan metode dan manajerial lebih baik dibanding cowok.

 

Imunitas Cewek Lebih Tinggi Dari Cowok

Tingkat imunitas cewek lebih kuat dibanding cowok. Berdasarkan penelitian dari Universitas Ghent, kromosom X tambahan pada cewek berarti kita punya lebih banyak microRNA. MicroRNA berfungsi sebagai penguat sistem imun dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian juga menemukan bahwa hormon estrogen diperkaya enzim bernama Caspase-12 yang bisa membantu imunitas. Kemudian Profesor Katsuiku Hirokawa dari Jepang, menemukan bahwa sistem imun cewek mengalami penuaan lebih lama dari cowok. Hal ini yang menyebabkan cewek lebih berumur panjang dibanding cowok. Penelitian itu juga menemukan kalau hormone testoteron yang banyak pada cowok bisa mengurangi respon imun. Sehingga cowok gampang terserang penyakit daripada cewek.

 

Stress Bikin Cewek Lebih Peduli

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Psychoneuroendocrinology, cewek dibawah tekanan stress lebih peduli dengan sekitar. Sedangkan saat stress, cowok bersikap lebih egois dan sulit memahami orang lain disekitarnya. Menurut Giorgia Silani, kepala penelitian tersebut, sikap peduli cewek disebabkan karena saat stress mereka lebih sering bersosialisasi untuk mencari dukungan dan pertolongan. Sedangkan cowok lebih suka mencari solusi atau menyelesaikan masalahnya sendiri. Selain itu faktor hormon juga berperan. Hormon oksitosin pada cewek terproduksi lebih saat stress, sehingga tubuh secara natural membuat cewek lebih bersosialisasi dari cowok.

 

Cewek Lebih Bisa Mengenali Warna Lebih Detail Daripada Cowok

Menurut ilmuwan terkenal bernama Israel Abramov, cewek bisa melihat perbedaan warna jauh lebih baik daripada cowok. Dalam penelitian manusia yang selama setengah abad, Israel menemukan kalau cowok lebih baik melihat objek walau bergerak jauh dari padangan, cewek lebih baik saat mengidentifikasi perbedaan tonasi warna walau hanya beberapa persen. Soalnya, cowok sejak dulu melakukan perburuan untuk mencari makan. Tapi cewek mencari dan mendeteksi buah atau sayuran yang sudah matang di kebun. Makanya, kenapa cewek lebih jago soal mix and match pakaian dibanding cowok mungkin karena cewek lebih pintar menilai soal warna. Bahkan, ada beberapa cewek di dunia yang punya kemampuan tetrachromats. Yaitu bisa mengenal 100 juta jenis warna berbeda. Karena tipe pengerucutan pada retina mereka terbagi menjadi tiga. Hal ini yang membantu otak mengkombinasikan lebih banyak warna.

 

Lebih Mudah Mendeteksi Cowok Selingkuh

Kalau cowok selingkuh dari pacarnya, berarti dia harus hati-hati. Soalnya, hasil penelitian membuktikan cewek bisa mendeteksi saat pasangannya selingkuh hanya dari melihat wajahnya. Selain itu, peneliti asal Universitas Australia juga melakukan penelitian kepada 34 cewek untuk melihat beberapa foto yang berbeda dan mengidentifikasi cowok mana yang enggak setia. Hasil penelitiannya mengejutkan, 62 persen menebak dengan sempurna dan sisanya mendekati sempurna. Dan nol persen korespondensi yang gagal menebak cowok enggak setia lewat foto.

 

(stefanie, foto: parade.condenast.com, eonline.com, huffingtonpost.com, teenadvice.about.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN