Playground

Fakta Ilmiah Yang Unik Kenapa Orang Membenci Hari Senin

Published by : Marti Posted on : Kamis, 19 Juni 2014

Fakta Ilmiah Yang Unik Kenapa Orang Membenci Hari Senin

'I hate monday,' begitu yang sering diucapkan hampir setiap orang saat menghadapi hari Senin. Sebelum mengucapkan kalimat ini, ketahui dulu fakta unik kenapa semua orang membenci hari Senin. Apa saja ya fakta unik di balik hari Senin?

 

Tragedi Brenda Spencer

Awal mulai kalimat 'I hate Monday' ternyata diawali tragedi Brenda Ann Spencer. Brenda merupakan pelajar berusia 16 tahun asal San Diego, Amerika Serikat, yang melakukan penembakan di sekolahnya pada 29 Januari 1979. Brenda adalah cewek kutu buku yang jauh dari sikap buruk atau pengaruh alkohol dan narkoba. Ketika ditanya apa alasan dan motif Brenda melakukan penembakan brutal itu, ia menjawab "I hate Monday,". Aksi yang dilakukan Brenda menewaskan 1 pelajar dan melukai 9 orang lainnya. Menurut ayahnya, sikap Brenda berubah semenjak ia menyukai musik aliran rock Alice Cooper. Akan tetapi menurutnya, perkataan ayahnya salah besar. Ia melakukan ini karena terinspirasi lagu band The Boomtown Rats, dengan lead vokal Bob Geldof, yang berjudul I Don't Like Mondays. Lagu ini merupakan lagu terkenal saat peristiwa terjadi. Karena peristiwa ini ia didakwa dengan hukuman penjara selama 14 tahun.

 

Sulit Bahagia

Sebuah penelitian yang dilakukan Marmite, Inggris, menemukan orang akan sulit tersenyum saat mengawali hari Senin setiap minggu. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Inggris, mereka menemukan rata-rata orang akan melakukan senyum pertamanya pada jam 11.06 sampai 11.30 a.m. Jawabannya sangat mudah, karena jam ini sangat dekat dengan waktu makan siang dan istirahat.

 

Kasus Bunuh Diri

Badan Statistik Nasional Inggris menemukan bahwa 16% cowok dan17% cewek melakukan bunuh diri pada hari Senin. Sedangkan 13%, atau presentasi terbanyak kedua ditemukan pada waktu weekend. Penelitian ini berhasil mengungkapkan bahwa kasus bunuh diri terbanyak terjadi pada hari Senin. Kasus bunuh diri enggak hanya terjadi pada usia produktif, tapi juga usia tua atau masa pensiun seseorang.

 

Menggerutu

Hasil penelitian yang diungkapkan dalam The Daily Mail, bahwa lebih dari setengah penduduk dunia mengeluh lebih banyak pada hari Senin pagi. Responden survey membuktikan mereka melakukan gerutu atau merasa kesal sekitar 34 menit setiap pagi pada hari Senin. Sedangkan hari lain mereka hanya menggerutu selama 22 menit lamanya. Survey ini membuktikan bahwa hampir semua orang membenci hari Senin.

 

Serangan Jantung

Percaya atau enggak, The British Medical Journal melaporkan bahwa kasus serangan jantung paling banyak terjadi hari Senin. Kasus yang diterima di seluruh wilayah naik sampai 20% dibanding hari lainnya. Serangan jantung ini disebabkan stress berlebih sehingga terjadi tekanan darah tinggi karena merasa tertekan harus kembali beraktivitas seperti semula.

 

 

(stefanie, foto: nydailynews.com, orlandosentinel.com, huffingtonpost.com, youthpinoy.com, mindspaceclinic.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN