Playground

Fakta Aneh dan Unik Tubuh Kita

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 27 April 2013

Fakta Aneh dan Unik Tubuh Kita

Banyak hal bisa terlihat unik sekaligus aneh. Enggak perlu jauh-jauh melihat sekitar kita. Cukup dengan mengamati tubuh kita sendiri. Banyak juga hal yang aneh. Hmmm.


Jantung dan cuping telinga

Kesehatan jantung tiap orang bisa dilihat dari jumlah lipatan cuping telinga. Aneh ya? Menurut penelitian yang dilakukan tahun 1992, orang yang lipatan cuping telinganya sedikit lebih rentan terhadap penyakit coronary artery disease (salah satu tipe penyakit jantung yang bikin si penderita  mengalami serangan jantung). Lihat penjelasannya lebih rinci, di sini.

 

Ngantuk itu menular

Melihat seseorang menguap, bahkan hanya melihat foto, bisa bikin kita ikut-ikutan ngantuk. Penelitian yang dilakukan tahun 2011 bilang kalau 80 orang participants setiap muimnya langsung menguap hanya dengan melihat foto.

 

Enam lapangan tenis

Endothelium, layer tipis pada permukaan dalam dari pembuluh darah, bisa menutupi enam lapangan tenis jika diletakkan di luar tubuh dan 'digepengkan'. Wiiiih!

 

Mendengar warna

Sebagian besar orang,  mengecap, mendengar dan melihat adalah sesuatu yang dilakukan terpisah. Tapi, orang dengan kondisi tertentu (biasanya disebut synesthesia) mengalami pengalaman menggunakan panca indranya dengan cukup gagal. Beberapa diantaranya bisa mengecap setelah melihat kata-kata. Sedangkan ada orang yang bisa mendengar suara dari berbagai warna.

 

Mencium rasa takut

Kita bisa merasakan dan mencium rasa takut seseorang dari keringat seseorang. Penelitian yang dilakukan oleh U.S. Defense Advanced Research Projects Agency menunjukkan ada feromon yang berbeda di ketiak seseorang.

 

Susah bersin dengan membuka mata

Banyak yang bilang, kita menutup mata saat bersin karena enggak pengin tetesan bersin kita masuk ke mata. Sebenarnya itu adalah gerakan refleks kita. Coba deh lakukan bersin dengan menutup mata, susah enggak?

 

 (dea, foto. health.yahoo.net, artofwings.com, tips.cleaninghouselondon.co.uk, tenniscourtmakeover.com, weheartit.com, lifeslittleemysteries.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN