Playground

Binatang Paling Pintar di Bumi

Published by : Marti Posted on : Jumat, 9 Mei 2014

Binatang Paling Pintar di Bumi

Lucu, unik dan menggemaskan. Beberapa binantang punya pola dan tingkah laku yang menyenangkan untuk dipelajari. Selain lucu, binatang-binatang ini ternyata sangat pintar! Bahkan cerdas dan memiliki banyak akal. Apa saja ya binatang paling pintar di bumi?

 

Raven

Kita tahu, gagak sangat pintar dan banyak akal. Ternyata sepupunya jauh lebih pintar dari gagak, yaitu Raven. Binatang ini juga disebut sebagai subjek sosok gelap pada tulisan Edgar Allen Poe. Mereka juga dikenal sangat membantu menyeimbangkan dan melakukan banyak hal pada lingkungan. Peneliti asal Kanada dan Skotlandia membuktikan, Raven, bekerja melalui logika. Ia meneliti seluruh lingkungannya dan menyelesaikan masalah dengan logika. Cara berpikir Raven dinilai sama seperti primata. Raven merupakan makhluk unggas yang paling pintar di bumi.

 

Lumba-Lumba

Siapa sih yang enggak tahu kepintaran hewan ini? Lumba-lumba adalah hewan pintar yang paling banyak didokumentasikan pengamat biota laut. Menurut penelitian, lumba-lumba memiliki otak yang sangat besar yang digunakan untuk menjaga diri dan emosi. Faktanya, struktur otak lumba-lumba lebih komplek dari manusia. Ahli dari Universitas Emory, Lori Marino, menambahkan standarisasi kecerdasan manusia sebenarnya sama dengan intelejensi hewan. "Lumba-lumba dinilai sangat dekat dengan otak kita untuk level bakat," jelas Lori.


Bonobos

Bonobos adalah sepupu terdekat simpanse yang saat ini diambang kepunahan. Para ilmuwan dan relawan berusaha mati-matian melindungi dan mengembang biakan hewan tersebut. Bonobos hanya bisa ditemukan di Afrika Tengah, salah satu wilayah yang paling besar melakukan perburuan satwa liar. Kenapa dia bisa lebih pintar dari simpanse? Soalnya, selain memahami, Bonobos bisa menggunakan tanda Bahasa dan simbol dengan sempurna. Selain itu, mereka juga bisa mengajari Bahasa dan simbol satu sama lain. Saat peneliti mengajarinya simbol untuk berkomunikasi pada papan. Bonobos cepat menyerap apa yang diajarkan, bahkan dia bisa menggunakan simbol itu untuk mengekspresikan apa yang dirasakannya.


Sapi

Kalau yang kita tahu sapi hanya hewan yang gemar makan rumput, ternyata dia melebihi dari apa yang kita pikirkan. Menurut penelitian, otak sapi kaya akan emosi. Sapi bisa mencari siapa yang disukainya, berteman bahkan bermusuhan. Sapi juga memiliki kemampuan untuk perasaan emosi yang kuat, seperti rasa sakit hati, takut bahkan anxiety atau cemas.

 

Babi

Babi dianggap sebagai hewan domestik paling pintar di dunia. Soalnya, ilmuwan menemukan hal mengejutkan saat meneliti hewan ini. Mereka melihat intelejensi babi saat menggunakan cermin untuk menemukan makanannya. Selain itu, babi bisa menipu satu sama lain untuk mendapatkan lebih banyak makanan. Yang bikin aneh, babi cepat belajar trik loncat pada tali dan bermain video game dengan joystick.

 

 

(stefanie, foto: theguardian.com, news.emory.edu, superbwallpapers.com, paminipigs.com, allaboutbirds.org)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN