Playground

Biggest Marathon Event Around The World

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 30 November 2013

Biggest Marathon Event Around The World

Ada yang suka lari maraton, girls? Sekarang maraton memang sedang terkenal banget. Banyak event lari yang diselenggarakan di beberapa tempat, termasuk di Jakarta beberapa waktu lalu. Olahraga ringan ini memang terbukti menyehatkan banget sehingga enggak heran jika banyak diadakan. Cari tahu, yuk, event maraton terbesar di dunia yang selalu mengundang banyak runners untuk berpartisipasi.

 

Tokyo Marathon

Tokyo Marathon diadakan setahun sekali di Tokyo dan sudah berlangsung sejak tahun 2007. Terakhir kali, event ini diadakan bulan Februari lalu. Waktu pertama kali diadakan, total peserta yang mengikuti event ini mencapai 30.000 orang, girls. Serunya, event ini bahkan enggak bisa dikalahkan oleh cuaca, lho. Tahun 2011, para runners tetap semangat berlari meski di bawah guyuran hujan sekalipun. Event terakhir tahun 2013 ini diikuti oleh 304.508 runners. Wow.

 

Boston Marathon

Boston Marathon sudah berlangsung sejak lama, yaitu sejak tahun 1897 dan selalu diadakan hari Senin ketiga di Bulan April, tepatnya untuk memperingati Patriot's Day. Bisa dibilang, inilah event maraton paling tua yang masih diadakan sampai sekarang, girls. Enggak hanya diikuti oleh warga Boston, banyak runners dari seluruh dunia yang tertarik untuk mengikutinya. Sayangnya, event yang diadakan tahun 2013 dinodai dengan aksi pengeboman menjelang garis finish. Tragedi ini kemudian dikenal dengan sebutan Boston Marathon Bombing.

 

London Marathon

Tahun 2012 kemarin, London Marathon memecahkan rekor sebagai event maraton dengan jumlah finishers terbanyak, yaitu 36.748 orang. Event maraton yang memakan jarak sangat jauh ini sudah dimulai sejak tahun 1981 dan berlangsung rutin setahun sekali. Sejak tahun 2010, event ini disponsori oleh Virgin Money sehingga lebih dikenal dengan sebutan Virgin Money London Marathon.


Berlin Marathon

Berlin Marathon atau BMW Berlin Marathon memakan jarak sejauh 42.195 km, girls. Enggak hanya atlet profesional, runners yang masih amatir pun banyak yang ikut meramaikan event yang sudah ada sejak tahun 1974 ini. Sampai sekarang tercatat kalau partisispan di event ini berasal dari 107 negara. Biasanya, event ini diadakan di weekend terakhir bulan September.

 

Chicago Marathon

Event ini diadakan di Cook County, Illinois dan tahun ini merayakan ulang tahunnya yang 36 setelah pertama kali diadakan 25 September 1987 lalu. Karena banyaknya sponsor dan hadiah yang diberikan event ini, enggak heran jika Chicago Marathon disebut sebagai event maraton paling bergengsi di seluruh dunia. Tapi, event ini membatasi peserta hanya sebanyak 45.000 aja jadi setiap runners yang pengin ikut harus cepat-cepat mendaftar.

 

New York City Marathon

Event sejauh 42.195 km ini merupakan event marathon terbesar di dunia karena tahun 2013 ini berhasil memecahkan rekor dengan jumlah finishers terbanyak, yaitu 50.304 orang. Biasanya, event yang sudah ada sejak tahun 1970 ini diadakan di hari Minggu pertama bulan November. Saking banyaknya yang berminat, peserta yang sudah mendaftar harus dipilih lagi menggunakan sistem undian agar bisa mengikuti event ini.

 

(iif. Foto: runnersworld.com, wallike.com, cnn.com, politiken.dk, dailyampersand.com, ipicosports.com)

 

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN