Playground

8 Tradisi Kelulusan Pelajar Indonesia dengan Amerika Serikat (Bagian 2)

Published by : Natasha Erika Posted on : Jumat, 24 April 2015

8 Tradisi Kelulusan Pelajar Indonesia dengan Amerika Serikat (Bagian 2)

Lulus SMA memang jadi momen yang seru banget dalam hidup kita. Lulus SMA jadi pertanda kalau kita bakal masuk ke dunia yang lebih luas dan lebih bebas dari sekolah alias masuk dunia kuliah. Ketika lulus, ada tradisi yang umum banget dilakukan pelajar SMA untuk merayakan selesainya proses belajar di jenjang pendidikan sekolah.

 

Belum lama, beredar undangan 'pesta bikini' untuk merayakan kelulusan pelajar SMA di Indonesia. 'Pesta bikini' atau lebih tepat disebut pool party merupakan salah satu tradisi perayaan kelulusan di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat. 'Pesta bikini' di Indonesia menimbulkan kontroversi karena bukan tradisi yang umum dilakukan pelajar-pelajar di sini.

 

Sebenarnya, seperti apa aja sih tradisi perayaan kelulusan di Indonesia? Coba kita bandingkan dengan tradisi di Amerika Serikat, yuk. Begini 8 tradisi kelulusan pelajar Indonesia dengan Amerika Serikat.

 

Baca juga: Kesempatan Magang Buat Lulusan SMA

 

Tradisi perayaan kelulusan pelajar di Amerika Serikat:


1. Foto-foto

Eits... bukan jepret foto-foto biasa. Untuk foto-foto merayakan kelulusan, para pelajar di Amerika Serikat foto-foto dengan kostum aneh atau bahkan ada juga yang sengaja telanjang, lho! Karena punya latar belakang budaya yang bebas, pelajar di sana juga lebih cuek, berani dan vulgar.

 

2. Pool party

Ini dia 'pesta bikini' yang memang sudah menjadi tradisi pelajar di sana ketika lulus. Bahkan, enggak saat lulus aja. Kalau kita sering nonton film Barat, pasti sering melihat anak orang kaya yang membuat pesta dengan tema kolam renang. Umumnya, orang-orang yang datang ke pesta itu akan berpakaian bikini dan bersantai di kolam renang atau sekitarnya.

 

3. Drinking game

Nah, untuk merayakan kelulusan, para pelajar SMA di Amerika Serikat kerap menikmati minuman keras bersama teman-teman. Tradisi ini sudah biasa dilakukan oleh pelajar di sana. Tapi, latar belakang budaya dan sosial mereka yang memang bebas, membuat beberapa pelajar sudah cukup bertanggung jawab dan bisa mengontrol diri sendiri. Walau ada beberapa juga yang jadi kacau setelah minum-minum. Misal, tahu-tahu ditemukan di pinggir jalan karena mabuk. Duh...

 

Baca juga: Bahaya Minuman Keras Untuk Remaja


4. Lempar topi toga

Umumnya, pelajar di Amerika Serikat ketika lulus SMA akan mengenakan toga beserta topi yang kemudian dilempar bersama-sama di depan sekolah. Lalu, foto bareng deh melempar topi toga. Ini tradisi yang wajib ada di setiap sekolah ketika lulus.

 

Nah, itu dia 4 tradisi perayaan kelulusan di Indonesia dan 4 tradisi perayaan kelulusan di Amerika Serikat. Menurut kamu, mana tradisi yang memang paling pas dilakukan di Indonesia?

 

Eits... Kelewatan yang tradisi di Indonesia. Bisa klik di sini: 8 Tradisi Kelulusan Pelajar Indonesia dengan Amerika Serikat (Bagian 1).

 

(foto: dean.wdw.utoronto.ca)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN