Playground

8 Film Nominasi Oscar 2016 yang Diangkat dari Kisah Nyata

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 25 Januari 2016

8 Film Nominasi Oscar 2016 yang Diangkat dari Kisah Nyata

Film yang masuk nomonasi Oscar 2016 banyak yang diangkat atau terinspirasi dari kisah nyata. Walaupun masih berupa karya fiksi, bukan dokumenter, beberapa film ini mengangkat kisah yang benar-benar pernah terjadi, dengan beberapa adegan tambahan untuk membuat filmnya lebih menarik tentunya. Mau tahu apa aja? Ini dia 8 film nominasi Oscar 2016 yang diangkat dari kisah nyata. Layak buat kita tonton, girls!

(foto: youtube.com)

 

(Baca juga: 10 Film Horor Paling Menyeramkan Yang Rilis Tahun 2016)

 

Film yang masuk nominasi the Best Picture Oscar 2016 adalah The Big Short, Bridge of Spies, Brooklyn, Mad Max: Fury Road, The Martian, The Revenant, Room and Spotlight. Sementara beberapa film lainnya yang dibahas dalam tulisan ini masuk nominasi kategori lain. Tapi kedelapan film ini punya satu kesamaan, sama-sama diangkat dari kisah nyata.

 

The Big Short

Film ini menceritakan bagaimana kronologi terjadinya krisis ekonomi di tahun 2007. Kisah nyata ini juga menginspirasi ditulisnya buku The Big Short: Inside the Doomsday Machine karya Michael Lewis. Diperankan oleh Brad Pitt, Ryan Gosling, Christian Bale, dan Steve Carell.

 

Bridge of Spies

Di masa perang dingin, 1957,  seorang pengacara James Donovan (Tom Hanks) Amerika diminta membela orang yang dituduh mata-mata Rusia, Rudolf Abel. Ia diminta melakukan ini dalam upaya menukar Rudolf Abel dengan seorang pilot Amerika yang ditahan Rusia, Francis Gary Powers.

 

(Baca juga: 5 Film Indonesia Yang Hampir Masuk Penghargaan Oscar)

 

The Revenant

Kisah nyata yang diangkat menjadi film ini juga menginspirasi buku berjudul The Revenant: A Novel of Revenge karya Michael Punke. Film ini mengisahkan perjalanan balas dendam seorang pemburu di abad ke-19 (Leonardo DiCaprio). Ia ditinggalkan teman-temannya ketika diserang oleh beruang di tengah hutan.

 

Spotlight

Pada tahun 2001 para jurnalis kolom Spotlight dari The Boston Globe melakukan investigasi terhadap kasus pencabulan yang dilakukan beberapa pastur terhadap anak kecil di Boston. Tapi ternyata penyelidikan itu mengungkap kasus yang lebih besar dari perkiraan mereka.

 

(Baca juga: 6 Rekomendasi Film 'Berat' Nominasi Oscar 2016 Yang Cocok  ditonton Remaja)

 

Steve Jobs

Mengisahkan hidup pendiri Apple, Steve Jobs (Michael Fassbender). Mulai dari perjuangannya dalam mendirikan Apple dan persoalan pribadinya semasa hidupnya.

 

The Danish Girl

Mengisahkan pasangan pelukis Einar Wegener (Eddie Redmayne) dan Gerda Wegener yang hidup di Denmark tahun 1920. Einar merasa terjebak di tubuh cowok dan merasa di dalam hatinya ia seorang cewek. Ia pun mengubah penampilan dan namanya menjadi Lili Elbe. Lili adalah orang pertama di dunia yang mengoperasi alat kelaminnya, yang tertulis dalam sejarah.

 

(Baca juga: Film Horor Yang Diangkat Dari Kisah Nyata)

 

Joy

Film ini mengangkat kisah nyata hidup Joy Mangano (Jennifer Lawrence), seorang ibu tunggal yang menciptakan alat pembersih bernama Miracle Mop. Bagaimana perjuangan hidupnya sebelum dan ketika ia menjadi seorang milyader.

 

Room

Seorang cewek (Brie Larson) yang diculik dan ditahan di sebuah gubuk selama tujuh tahun, berusaha kabur dari penculiknya. Ia bersama seorang anak kecil berusia lima tahun yang memanggilnya Ma, harus berusaha menyesuaikan diri dengan kehidupan yang sudah lama ia tinggalkan. Film ini diangkat dari novel karya Emma Donoghue dan terinspirasi dari kisah nyata, seorang cewek bernama Elisabeth Fritzl yang dikurung selama 24 tahun oleh ayahnya sendiri. Walaupun kisahnya berbeda, tapi kejadian ini mengilhami sang penulis di novelnya.

 

(Baca juga: 10 Film Hollywood Tahun 2015 Yang Diangkat Dari Kisah Nyata)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN