Playground

7 Situs Jual Beli Online Paling Eksis di Dunia

Published by : Natasha Erika Posted on : Sabtu, 11 Juli 2015

7 Situs Jual Beli Online Paling Eksis di Dunia

Jaman teknologi seperti sekarang kita enggak perlu repot menjual atau membeli barang. Banyak situs online yang mewadahi kebutuhan kita tersebut. Apa saja situs-situs tersebut? Berikut 7 situs jual beli online paling eksis di dunia.

 

Baca juga: Tips Pintar Belanja Online

 

Amazon

 

Situs Amazon merupakan salah satu pionir dari situs jual beli online dunia. Pada tahun 1992, Charles Stack membuat toko buku online pertamanya yang bernama Book Stacks Unlimited yang kini berkembang menjadi Books.com  . Situs ini menginspirasi Jeff Bezos sehingga membuat situs web bernama Amazon.com  pada dua tahun kemudian.

 

Sekarang, Amazon memiliki banyak produk yang di jual sehingga Amazon telah menjadi salah satu situs retail terbesar di dunia. Nama Amazon diambil dari nama salah satu sungai terbesar di dunia yang terletak di Amerika Selatan. Nama Amazon juga bisa diartikan dengan nama bangsa prajurit wanita legendaris dalam mitologi Yunani. Saat ini Amazon berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

 

 

JD

 

JD.com atau Jingdong Mall adalah situs yang lagi naik daun karena termasuk situs jual beli online terbesar nomor dua di dunia setelah Amazon. Awalnya, Jingdong Mall adalah perusahaan trading bernamaJingdong Century Trading Co (1998). Baru pada 2004, Liu Qiangdong (alias Richard Liu) pendiri JD.com mulai menjadikan situsnya sebagai salah satu pengecer online terbesar B2C di Tiongkok. Hanya waktu itu website-nya masih bernama jdlaser.com.

 

Toko online ini menjual semacam alat optic, tapi tidak lama segera diverifikasi mereka penjualan alat elektronik, ponsel, komputer, dll. Jingdong Mall waktu itu mengubah nama domainnya menjadi 360buy.com pada bulan Juni 2007, dan untuk mengarah pasar anak muda, Jingdong Mall merilis JD.com di tahun 2013.

 

 

Nasty Gal

 

Ini dia situs jual beli yang cocok banget buat kita yang doyan belanja. Nasty Gal adalah retailer Amerika Serikat yang fokus pada penjualan pakaian, sepatu dan aksesori untuk cewek muda. Perusahaan online ini didirikan pada 2006 oleh Sophia Amoruso. Dan, yang bikin situs ini makin hits adalah pada 2012 Nasty Gal mendapat predikat sebagai Fastest Growing Retailer versi majalah INC. Wow!


Baca juga: Tips Belanja Lewat Online Shop Buat Pemula

 

Missguided

Ini dia salah satu situs yang usianya masih terbilang baru yang bakal jadi the next Nasty Gal. Situs online ini berasal dari Inggris dan telah berhasil dikenal di 160 negara. Yang bikin tempat belanja online ini berbeda dari yang lain adalah gaya fashion yang ditawarkan. Buat kita yang termasuk cewek hipster dan edgy, kita bisa mencoba belanja di situs ini. Harganya pun termasuk terjangkau, lho!

 

 


ASOS

 

Buat teman-teman yang aware sama fashion, pastinya udah kenal sama situs jual beli online dari Inggris yang lagi hits satu ini, ASOS.com alias AsSeenOnScreen.

 

Yap, sejak beredar di internet pada 31 Agustus 2013,ASOS.com udah jadi fashion online global dan beauty retailer yang menawarkan lebih dari 50.000 clothing line bermerek dan produk item produksi sendiri untuk pakaian cowok, pakaian cewek, sepatu, aksesoris, dan perhiasan.

 

ASOS.com memang pas buat kita yang berusia 16-34 tahun. Sejauh ini, ASOS  menarik lebih dari 13,6 juta pengunjung setiap bulannya. Dengan total 3,7 juta pelanggan aktif dari 160 negara, ASOS makin diminati anak muda. Meski begitu, ASOS terus menambah daftar pusat distribusinya hinga sanggup mencapai ke 237 negara. Hits banget kan?

 


eBAY

 

eBay merupakan salah satu situs jual beli online terkemuka dunia yang tentu saja bisa diakses warga dari seluruh dunia. Sejak 1996, eBay memungkinkan siapa saja bisa membeli atau menjual berbagai barang dan jasa melalui situs resminya www.ebay.com.

 

Selain menjual barang-barang keren, yang unik dari eBay adalah awalnya situs ini menjual barang-barang koleksi yang bernilai (memorabilia) berupa barang lelang atau produk yang susah dicari. Namun, kini eBay telah berkembang menjadi pusat perdagangan yang menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti telepon seluler, DVD, aksesoris, buku sampai ke pakaian, dan kendaraan bermotor. Tetapi eBay punya aturan untuk tidak memperjualbelikan barang-barang mistis dan apalagi makhluk hidup.

 

 

Otto

 

Tahun 1995, perusahaan ini mulai merambah ke bisnis jual beli online. Melihat fenomena e-Commerce yang saat ini menjadi saluran penjualan paling cepat berkembang sehingga perusahaan sanggup menghasilkan 60% dari total penjualannya. Kelompok Otto pun menjadi pengecer (satuan) barang-barang online terbesar kedua soal urusan fashion dan gaya hidup produk di Eropa.

 

Melihat peluang besar itu, perusahaan Otto telah menginvestasikan 300 juta euro untuk ritel online dan bersiap menghadapi persaingan pasar online dengan Amazon.com dan teman-temannya. Namun, data 201 menyebutkan, rata-rata margin usaha Amazon tidak lebih baik dari Otto, yakni penjualan Amazon di seluruh dunia adalah 0,9% sedangkan Otto adalah 6%.

 

Kalau mau berbelanja online di situs Otto, mungkin untuk saat ini belum tersedia Otto Indonesia. Namun kalau mau window online shopping, bisa lihat Otto online dalam bahasa Jerman atau Jepang.

 

Baca juga: 4 Jenis Toko Online yang Perlu Kita Tahu

 

(ali sobri/hai-online.com, nana, foto: nasty gal)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN