Playground

7 Masakan Asia Paling Terkenal

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 9 November 2013

7 Masakan Asia Paling Terkenal

Asia memang gudangnya makanan enak. Enggak hanya di benua ini, hampir di seluruh dunia kita bisa menemukan restoran yang menjual masakan Asia ini. Kita cari tahu, yuk, masakan Asia apa saja yang terkenal di seluruh dunia.

 

Mie Atau Ramen

Makanan ini seolah sudah jadi makanan wajib dari Asia Timur, seperti China, Jepang, dan Korea. Tapi sekarang makanan ini enggak hanya terkenal di Asia Timur aja, melainkan bisa dengan mudah ditemukan di seluruh dunia. Mau digoreng, ditumis, atau direbus, mie selalu enak dimakan. Dan, gampang diolah sehingga jadi pilihan utama kalau kita ingin makan tapi malas membuat sesuatu yang ribet, he-he-he.

 

Pho

Kalau selama ini kita sering bertanya-tanya kenapa setiap restoran Vietnam selalu menambahkan kata Pho di namanya, maka kita harus berkenalan dengan masakan khas negara itu, girls. Di Vietnam, Pho atau yang serupa sop mie ini bisa dengan mudah ditemui di pinggir jalan. Biasanya isinya adalah mie dan irisan daging serta sayuran dalam kuah bening. Rasanya enak sekaligus segar. Saking terkenalnya Pho, makanan ini bisa dipastikan ada di setiap restoran Vietnam.

 

Thai Red Curry

Kari asli Thailand ini menyerupai sop tapi pedas banget. Kuahnya dibuat menggunakan santan yang sangat kental dan beberapa bumbu yang memberikan rasa pedas. Isinya umumnya adalah daging ayam dan sapi, lalu dimakan dengan nasi. Makanan ini cocok banget untuk kita yang hobi memakan masakan pedas, girls.

 

Biryani

Di Asia Selatan, nasi biryani ini terkenal banget, terutama India. Sepintas nasi biryani mirip nasi goreng tapi berwarna kuning karena memakai saffron yang memberi warna kuning. Nasi ini dilengkapi dengan irisan daging, seperti daging sapi, kambing, atau ayam, dan sayuran. Umumnya nasi ini rasanya pedas. Tentunya enak dan mengenyangkan juga.

 

Aloo Gosht

Masakan khas Pakistan ini sepintas mirip dengan soto daging yang sering ditemukan di Indonesia. Memang, sih, makanan ini berisi daging dan irisan kentang dalam kuah kari. Bedanya, umumnya orang Pakistan memakannya dengan roti pita. Yang membuat masakan ini enak banget, yaitu memakai banyak bumbu seperti kayu manis, kapulaga, paprika hijau, black peppers, dan biji adas. Kalau orang Pakistan biasanya menetralisir rasa pedas dan panas dari makanan ini dengan meminum yoghurt, girls.

 

Chelo Kebab

Makanan asal Iran ini sedikit berbeda dengan kebab yang biasa kita temukan. Kalau biasanya kebab hanya berupa daging panggang, chelo kebab dilengkapi dengan nasi. Biasanya daging sapi dipotong bulat-bulat lalu dicampur dengan sayuran seperti mentimun, tomat, dan bawang lalu ditusuk jadi satu dan dibakar. Umumnya warga Iran suka memasukkan banyak bumbu ketika membakar dan rasanya pedas. Dan, makanan ini ditutup dengan lelehan mentega di atasnya.

 

Dolma

Masakan asli Turki ini berupa beberapa jenis makanan yang digabung menjadi satu lalu dibungkus dengan daun anggur. Kita bisa mengatur apa saja yang ingin dimasukkan ke dalam daun ini, tapi biasanya orang Turki mencampurkan daging sapi matang dengan nasi pedas. Tapi, ada juga yang mencampurkan nasi dengan beberapa jenis sayuran sekaligus. Makanan ini bisa dijadikan cemilan atau makanan utama, girls.

 

(iif. Foto: easyrianrecipes.com, iranchamber.com, pakistanihomecookingcom.blogspot.com, mammuskitchen.com, gyaandarpan.com, inspiredtaste.net, thirstyreader.com)

 

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN