Playground

7 Kapal Laut Terbesar di Dunia

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 26 Maret 2014

7 Kapal Laut Terbesar di Dunia

Waktu orang-orang bertanya soal kapal laut terbesar di dunia, pasti kita langsung kepikiran Titanic. Kapal yang satu ini memang terkenal dan memorable, tapi sebenarnya masih ada kapal lain yang lebih besar dari kapal yang satu ini.

 

Seawise Giant

Kapal bercat merah ini merupakan kapal terbesar di dunia sampai saat ini. Berat dari kapal ini mencapai 657.019 ton. Seawise Giant dibuat pada tahun 1979 oleh Sumitomo Heavy Industries, Ltd. di Yokosuka, Kanagawa, Jepang. Awalnya kapal ini dinamai Porthos oleh pemilik pertamanya yang berasar dari Yunani.

 

Pierre Guillaumat

Supertanker ini merupakan kapal terbesar kedua di dunia. Pierre Guillaumat dibuat pada tahun 1977 oleh Chantiers de l'Atlantique di Saint-Nazaire buat Compagnie Nationale de Navigation. Awalnya kapal ini menjadi kapal terbesar di dunia sebelum Seawise Giant dibuat.

 

Batillus

Dibuat pada tahun 1976 oleh Chantiers de l'Atlantique di Saint-Nazaire, kapal ini diberi nama Batillus. Kapal ini terakhir kali melakukan perjalanan dari Vestnes ke Kaoshiung (Taiwan) dan tiba pada 28 Desember 1985. Berat Batillus mencapai 554.000 ton. Kecepatan kapal ini bisa mencapai 16-17 knots.

 

Esso Atlantic

Kapal ini jadi kapal laut paling terkenal dalam sejarah, girls. Kapal besar ini berjasa membantu dunia selama 35 tahun berturut-turut. Esso Atlantic merupakan kapal minyak dengan kapasitas sekitar 516.000 ton. Kapal ini sudah enggak berfungsi lagi sejak 2002 dan dihancurkan di Pakistan.

 

Emma Mærsk

Kapal yang diluncurkan pada 2006 ini merupakan kapal kontainer terbesar yang pernah dibuat. Dari seluruh kapal laut yang ada dalam daftar kapal terbesar ini, Emma Mærsk adalah satu-satunya yang masih berfungsi. Kapal ini dimiliki sama perusahaan bernama A.P. Moller-Maersk Group.

 

TI class supertanker

TI class supertanker merupakan kapal tangki minyak yang masih berfungsi setelah sembilan tahun berlayar. Kapal ini memiliki berat 440.000 dan kecepaan 16 sampai 18 knots. Kapal ini mirip sama bongkahan es yang mengambang di ari, karena catnya yang berwarna putih.

 

Globtik Tokyo

Globtik Tokyo pertama kali diluncurkan di air pada Februari 1973. Tinggi kapal ini mencapai 1.243 kaki dan memiliki kapasitas 484.000 ton. Kapal ini berkecepatan 16 sampai 17 knots dan bekerja selama 13 tahun sampai berhenti dioperasikan. Kombinasi warna hitam pada merah kapal ini jadi pemandangan yang disukai sama orang-orang saat itu.

 

(lana, foto: oddstuffmagazine.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN