Playground

7 Fakta Menarik Seragam Sekolah Indonesia

Published by : Natasha Erika Posted on : Selasa, 28 Juli 2015

7 Fakta Menarik Seragam Sekolah Indonesia

Seragam sekolah selalu kita kenakan saat ke sekolah. Tapi, tahukah kita tentang sejarah dan arti dari seragam sekolah? Berikut 7 fakta menarik seragam sekolah Indonesia yang mungkin belum pernah kita tahu.

 

Baca juga: 5 Kegiatan Unik Masa Orientasi Peserta Didik di Indonesia

 

 

Awal munculnya seragam sekolah

Seragam sekolah mulai muncul pada abad ke-16 di Inggris. Seragam sekolah punya fungsi untuk mempromosikan kesetaraan sosial di kalangan siswa dan menunjukkan identitas sekolah. Praktik ini kemudian dilakukan di negara-negara lain, begitu juga di Indonesia.

 

 

Pakaian wajib pelajar

Di Indonesia, seragam sekolah wajib dikenakan oleh setiap pelajar mulai dari SD, SMP dan SMA. Dan, tiap tingkat pendidikan punya seragam yang berbeda-beda. Bisa dilihat dari warna seragam.

 

 

Makna warna seragam putih-merah Sekolah Dasar

Berenergi dan penuh semangat! Warna merah memang identik dengan keberanian. Tapi, untuk seragam sekolah Indonesia, warna ini berarti energy dan semangat tinggi. Cocok banget mencerminkan sifat anak-anak SD yang semangat dan selalu ceria. Warna ini diharapkan dapat mendorong semangat kepada anak-anak kecil untuk bersekolah.

 

(foto: tribunnews.com)

 

 

Makna warna seragam putih-biru Sekolah Menengah Pertama

Berkomunikasi dengan percaya diri! Ini dia makna yang ingin disampaikan dari warna seragam putih-biru SMP. Usia saat SMP bisa dibilang usia tanggung yaitu anak kecil yang menuju remaja. Dan, rasa percaya diri diperlukan di sini. Momen jadi anak SMP juga momen untuk belajar berkomunikasi dan bersosialisasi dengan lebih banyak orang.

 

 

Makna warna seragam putih-abu-abu Sekolah Menengah Atas

Warna abu-abu memberi arti bahwa anak SMA itu tenang dan dewasa. Mengingat usia anak SMA sudah lebih matang untuk mengenal dunia yang lebih luas, maka saat duduk di SMA kita juga harus bisa lebih dewasa dan tenang dalam berpikir.

 

 

Seragam batik

Belakangan ini, enggak hanya seragam atasan putih aja yang wajib dipakai tapi juga seragam batik. Beberapa sekolah membebaskan atasan batik, tapi ada juga sekolah yang membuat batik sendiri. Biasanya, seragam batik dipakai setiap hari Jumat.

 

(foto: batikseragam.blogdetik.com)

 

 

Seragam sekolah swasta

Sekolah swasta juga punya seragam sendiri yang wajib dikenakan para siswa. Para siswa akan memakai seragam sekolah swasta dan seragam sekolah negara secara bergantian tergantung jadwal yang disepakati. Seragam sekolah swasta juga punya makna tersendiri.

 

(foto: antdesignhouse.com)

Seragam sekolah swasta, SMA Tarakanita 1 Jakarta.

 

Baca juga: 5 Aturan Baru Pemerintah Tentang Sekolah Ajaran Baru 2015/2016

 

(foto: thomas)

 

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN