Playground

7 Danau Terdalam di Dunia

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 5 Juni 2013

7 Danau Terdalam di Dunia

Meski enggak sedalam laut, danau-danau ini cukup dalam dan berbahaya buat yang enggak bisa berenang. Gimana enggak, kedalamannya saja mencapai ratusan meter bahkan lebih dari 1000 meter!

 

Great Slave

Danau ini terletak di Wood Buffalo National Park, Kanada. Luas danau ini diperkirakan sekitar 18.500 kilometer kuadrat. Masyarakat setempat masih sering memakai danau ini sebagai tempat memancing. Selain termasuk danau terdalam di dunia, danau ini juga termasuk danau terluas di dunia ke-sepuluh dari 12 danau yang ada. Kedalaman danau ini mencapai 614 meter.

 

Issyk Kul

Danau yang terletak di Kirgistan ini terkenal enggak pernah beku meskipun ketika musim dingin. Sesuai namanya, nama dari danau ini adalah bahasa Kirgistan dari danau panas. Kedalaman dari danau ini adalah 668 meter.

 

Malawi

Saking dalam dan luasnya, danau ini kelihatan kayak pantai kalau kita melihat dari dekat. Danau ini termasuk danau tektonik dan umurnya sudah menca[ai 40.000 tahun. Ada beragam spesies biota di dalam danau ini dan jumlah spesienya mencapai ribuan. Danau ini memiliki kedalaman 2.316 kaki.

 

O'Higgins/San Martín Lake

Danau yang terkenal dengan nama O'Higgins di Chili dan San Martin di Argentina ini terletak di antara Aysén del General Carlos Ibáñez del Campo dan provinsi Santa Cruz. Para imigran enggak pernah mengunjungi danau ini sampai tahun 1910-an. Kedalaman danau ini adalah 2.742 kaki.

 

Vostok

Vostok merupakan danau terbesar di Antartika. Danau ini termasuk danau subglacial, yaitu danau yang berada di bawah gletser. Suhu air danau ini mencapai -3 derajat celcius. Kedalamannya mencapai 2.950 kaki.

 

Tanganyika

Luasnya danau ini sampai melewati empat negara, lho. Beberapa di antaranya, Tanzania, Kongo, Burundi, Zambia dan Tanzania. Air dari danau ini mengalir ke sungai Kongo dan samudra Atlantik. Kedalaman danau ini mencapai 1.470 meter.

 

Baikal

Ini dia danau terdalam di dunia, danau Baikal. Selain terdalam, danau ini juga merupakan danau terjernih dari semua danau yang ada di dunia. Danau ini dideklarasikan sebagai World Heritage Site oleh UNESCO pada tahun 1996. Baikal adalah rumah bagi 1.700 spesies tumbuhan dan binatang. Kedalaman dari danau ini mecapai 1.642 meter atau 5.387 kaki.

 

 

(lana, foto: canadianliving.com, shetinin.com, gameplanafrica.com, vacationhomes.net, dailygalaxy.com, en.wikipedia.org)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN