Playground

6 Novel Remaja Tentang Adaptasi di Sekolah Baru yang Wajib Dibaca Karena Mirip Pengalaman Kita

Published by : Ifnur Hikmah Posted on : Jumat, 26 Agustus 2016

Anna and the French Kiss oleh Stephanie Perkins

Siapa yang suka deg-degan saat akan masuk sekolah baru? Masuk sekolah baru berarti masuk ke kehidupan baru, mengenal orang-orang baru, mengenal sistem baru yang enggak dikenal selama ini. Enggak heran jika kita deg-degan banget saat masuk sekolah baru. Masa adaptasi di sekolah baru merupakan saat yang penting bagi kita sebagai tanda apakah akan survive di sekolah baru. Pengalaman ini enggak hanya kita rasakan di kehidupan nyata, tapi juga bisa kita lihat di film, drama, serial TV atau baca di novel. Berikut 6 novel remaja tentang adaptasi di sekolah baru yang wajib dibaca karena mirip pengalaman kita. Klik di sini untuk melihat novel remaja bertema sekolah.

 

Anna and The French Kiss (Stephanie Perkins)

Di novel ini, kita diajak untuk mengikuti Anna yang pindah dari Amerika ke Paris. Meski bersekolah di sekolah internasional untuk anak-anak Amerika dengan siswa yang umumnya berasal dari Amerika, tetap saja Anna harus melewati masa-masa sulit saat beradaptasi di sekolah baru. Apalagi di Paris dia tinggal sendiri. Anna sering merasa homesick dengan teman-teman lamanya yang dirasa semakin menjauh, termasuk pacarnya yang akhirnya diketahui selingkuh karena mereka LDR.

 

Beruntung Anna bertemu teman baru. Meski awalnya enggak pede dan memilih untuk menutup diri, akhirnya Anna mengalah. Bersama Etienne, Anna mulai menjelajah kota Paris dan beradaptasi di tempat baru. hingga akhirnya Anna merasa nyaman di sekolah dan kota barunya ini.

 

Fangirl (Rainbow Rowell)

6 Novel Remaja Tentang Adaptasi di Sekolah Baru yang Wajib Dibaca Karena Mirip Pengalaman Kita
Fangirl dari Rainbow Rowell

Cather dan Wren selalu bersama sejak kecil karena mereka anak kembar. Namun, ketika masuk kuliah, Wren memilih jurusan berbeda dari Cath. Mereka pun terpisah. Cath yang terbiasa bersama Wren jadi linglung. Terlebih ketika dia merasa ditinggalkan oleh Wren yang sibuk dengan kehidupan barunya sebagai mahasiswa. Saking enggak pedenya, Cath memilih untuk memakan vitamin bar karena enggak mau makan di kantin. Beruntung ada teman sekamarnya, dan cowok bernama Levi, yang perlahan mengajak Cath untuk berani jalan sendiri, meski tanpa saudara kembarnya lagi.

author :

Ifnur Hikmah

Writing. Reading. Eating. And Fangirling. Reporter di KaWanku sejak 2013. Pernah interview Charli XCX dan telepon-teleponan dengan Troye Sivan. Paling senang ketika ketemu dan interview GOT7, terutama JB dan berharap bisa ngobrol sama SHINee

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN