Playground

6 Hobi Yang Bikin Pintar Otak

Published by : Marti Posted on : Rabu, 12 Maret 2014

6 Hobi Yang Bikin Pintar Otak

Enggak semua hobi dianggap buang-buang waktu dan tenaga. Ada beberapa hobi, yang justru bisa menambah kepintaran otak kita. Apa saja sih?

 

Belajar Bahasa Asing

Kita selalu penasaran untuk mempelajari bahasa asing, kebudayaan dan negara tersebut? Kalau kita suka mempelajari hal ini, kita akan menambah kemampuan bahasa kita. Secara enggak sengaja kita akan termotivasi untuk mendalami budaya dan sejarah negara tersebut.

 

Belajar bahasa juga membantu meningkatkan kemampuan otak. Dan menolong kita lebih mudah menyelesaikan tugas karena otak kita terlatih saat belajar bahasa. Kita akan merasakan kemampuan otak semakin tajam dan mudah menghapal beberapa hal sekaligus.

 

Hobi Video Games

Buat yang hobi main games, enggak usah pesimis anggap hobi kita negatif. Permainan video games, memang ada yang berdampak buruk buat remaja karena pengaruh kekerasannya. Tapi, juga ada permainan yang bisa mengasah otak kita.

 

Beberapa penelitian menyebutkan, hobi bermain video games dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Koordinasi ini sangat berguna dalam kegiatan sehari-hari. Video games juga melatih kemampuan membuat keputusan kita lebih kritis dan menyelesaikan suatu tugas yang sulit dengan mudah dan realistik.

 

Puzzles

Semua orang suka bermain puzzles. Menghubungan kepingan puzzle menjadi satu gambar utuh dapat menstimulasi kemampuan berpikir dan intelejensi otak. Enggak hanya bikin pintar, kita juga bisa melatih tingkat fokus dan konsentrasi lebih baik. Para ahli menegaskan, puzzle adalah rutinitas sederhana yang bisa mengurangi kemunduran otak orang tua.

 

Mengkoleksi Koin dan Benda Penting

Hobi lain yang paling diminati orang banyak adalah mengkoleksi sesuatu. Mengumpulkan sesuatu seperti koin, perangko atau benda lainnya, membantu kita memahami sejarah disekitar kita. Atau kalau kita hobi mengumpulkan benda seperti serangga, kita secara enggak sengaja terlatih menjadi ahli biologi.

 

Membaca

Kita semua tahu, hobi membaca enggak hanya menambah wawasan tapi juga kemampuan berbahasa lebih baik. Buku menawarkan sesuatu yang beda bagi pembacanya dan pengalaman berimajenasi. Membaca akan membuat pikiran kita lebih kritis dan fokus.

 

Musik

Orang yang menyukai permainan musik adalah orang yang berbakat dan memiliki intelejensi tinggi. Seperti saat mempelajari bahasa, belajar musik sangat efisien saat kita masih kecil. Selain meningkatkan IQ dan EQ, musik dapat memacu kemampuan otak kiri dan kanan menjadi lebih baik. Enggak heran, pemain musik biasanya lebih cepat menguasai matematika dan mempelajari bahasa dibanding yang lain.

 

 

(stefanie, foto: telegraph.co.uk, teen.com, weheartit.com, childrensmuseum.com, thechart.blogs.cnn.com, britishcouncil.hr)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN