Playground

5 Tumbuhan Pemakan Serangga

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 5 Mei 2013

5 Tumbuhan Pemakan Serangga

Ternyata, enggak semua tumbuhan itu bisa hidup hanya dengan matahari dan air saja lho, girls! Ada banyak tumbuhan di dunia ini yang 'makanan'nya adalah serangga. Jadi, hati-hati kalau kita secara enggak sengaja ada di dekat tumbuhan yang seperti ini. Awas digigit! Hiiii

 

Portuguese Sundew

Tumbuhan ini merupakan salah satu dari beberapa tanaman karnivora yang tumbuh di tempat kering atau di tanah alkalin. Karena tanaman ini memiliki aroma yang khas dan berbeda, jadi selalu menarik mangsa atau serangga yang lewat didekatnya. Tenang, tanaman ini hanya ada di Portugal, Spanyol, dan Maroko. Hehehe

 

North American Pitcher Plant

Tanaman ini selalu menjebak serangga yang lewat karena bentuknya memang lebih mirip bunga yang cantik. Hidup dan tumbuh di rawa-rawa wilayah timur Amerika Serikat dan Kanada.

 

The Venus Fly Trap

Kalau dilihat dari bentuknya, tanaman ini memang unik dan lucu. Tapi, jangan harap kalau tumbuhan ini sudah menutup, maka tangan kita akan terperangkap. Tanaman yang bisa ditemukan di selatan dan utara Amerika, menangkap dan mencerna serangga dengan perangkap yang dibentuk oleh terminal dari masing-masing bagian tanaman.

 

Bladderworts

Hati-hati juga dengan penampilan lucu dari tanaman ini. karena warna terangnya yang mencolok, banyak juga serangga yang tertipu dan akhirnya menjadi mangsa. Tanaman bladderwots ini mewakili genus terbesar tanaman karnivora, lho!

 

Pitcher Plants

Kalau di Indonesia, tanaman ini disebut sebagai kantung semar. Tanaman ini memiliki perangkap yang paling spektakuler diantara tanaman karnivora lainnya. Enggak hanya tumbuh di Madagaskar, tapi juga tumbuh di Asia Tenggara dan Australia.

 

(atifa, foto: flickr.com, cooltropicalplants.com, chesskid.com, 123rf.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN