Playground

5 Tradisi Orientasi Sekolah dan Kampus Paling Unik di Dunia

Published by : Natasha Erika Posted on : Rabu, 20 Mei 2015

5 Tradisi Orientasi Sekolah dan Kampus Paling Unik di Dunia

Orientasi sekolah dan kampus adalah momen perkenalan dengan dunia pendidikan yang baru, entah itu kita baru masuk SMP, SMA atau kuliah. Beberapa kegiatan diadakan untuk siswa dan mahasiswa baru agar lebih mengenal dengan dunia barunya nanti. Dari berbagai kegiatan yang diadakan, ada kegiatan yang unik, lho. Ini dia 5 tradisi orientasi sekolah paling unik di dunia.

 

Baca juga: Tips Mudah Bersahabat Dengan Teman Baru Saat Orientasi Sekolah atau Kuliah

 

Tur sekolah labirin

Setiap orientasi siswa atau mahasiswa baru pasti selalu ada tur sekolah. Tapi berbeda dengan tradisi di Reed College yang punya terowongan uap di bawah gedung mereka. Para pelajar baru bakal diajak buat tur terowongan uap tersebut tapi seperti bermain labirin. Hmm... Bisa jadi seru, bisa jadi serem juga, ya...

 

(foto: reed.edu)

 

 

Pizza war

Kalau di Hendrix College ada kegiatan orientasi unik yaitu Pizza War. Setiap pelajar baru bakal membuat pizza atau pie yang kemudian dilombakan. Topping yang paling kreatif bakal jadi pemenang di orientasi yang sedang diadakan tersebut.

 

(foto: flickr.com)

 


Minta tanda tangan dan foto

Eits... Enggak cuma di luar negeri. Indonesia juga punya kegiatan unik ketika orientasi sekolah atau kampus digelar. Kegiatan itu adalah minta tanda tangan dan foto senior dan guru atau dosen. Kegiatan ini biasanya bertujuan agar pelajar atau mahasiswa baru menjadi lebih mengenal sama senior dan juga guru yang akan membimbing mereka selama beberapa tahun ke depan.

 

(foto: setiawanofikwan.wordpress.com)

 

 

Jalan-jalan museum

Di Columbia College, para pelajar baru wajib menghadiri kegiatan seni dan budaya yang ada di mana pun. Kegiatan itu enggak jauh-jauh dari seminar, jalan-jalan museum, konser jazz atau indie, nonton festival film dan sebagainya. Seru juga, ya! Nanti di akhir orientasi bakal ada acara nginap ramai-ramai yang membahas tentang kegiatan mereka.

 

(foto: news.colgate.edu)

 


Free food

Makanan gratis untuk mahasiswa baru? Cuma ada di Indiana University. Untuk memperkenalkan dunia kampus, panitia orientasi menyelenggarakan Indiana University's CultureFest. Di festival itu ada makanan gratis dalam jumlah banyak. Wah... Bisa hemat uang jajan, nih! He-he-he.

 

(foto: youvisit.com )

 

Baca juga: 6 Tradisi Orientasi Sekolah di Indonesia dan Luar Negeri

 

(foto: mugglebornsathogwarts.tumblr.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN