Playground

5 Tokoh Penting Kebangkitan Nasional Yang Wajib Kita Kenal

Published by : Natasha Erika Posted on : Rabu, 20 Mei 2015

5 Tokoh Penting Kebangkitan Nasional Yang Wajib Kita Kenal

Dalam pelajaran sejarah Indonesia di sekolah ada yang namanya momen kebangkitan nasional. Apa itu momennya? Untuk cari tahu, kita bisa kenalan terlebih dulu sama 5 tokoh penting kebangkitan nasional. Mereka adalah tokoh-tokoh yang memelopori kebangkitan nasional. Siapa sajakah?


Baca juga: 5 Orang Indonesia Yang Berprestasi di Dunia Hiburan Hollywood

 

 

Sutomo

 

(foto: wikipedia.com)

 

Pasti enggak asing dengan Sutomo atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bung Tomo. Ia adalah tokoh yang membangkitkan semangat rakyat Surabaya untuk memperjuangkan Indonesia dari tangan jajahan. Tanda kebangkitan nasional adalah dengan berdirinya organisasi pemuda Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Dr. Sutomo adalah pendiri organisasi tersebut.

 

 

Soekarno

 

(foto: cariartikel.com)

 

Kebangkitan nasional adalah masa bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Nama Soekarno sebagai Bapak Bangsa pastinya masuk ke dalam tokoh pelopor Kebangkitan Nasional. Selain perjuangannya untuk membuat Indonesia merdeka, Soekarno juga seorang orator andal yang jago memberi semangat bagi rakyat.

 

 

Dr. Cipto Mangunkusumo

 

(foto: intisari-online.com)

 

Sejak bersekolah di STOVIA, Dr. Cipto Mangunkusumo rajin menyampaikan kritik dan pandangannya tentang pemerintahan Belanda di Indonesia. Ia kemudian menjadi salah satu tokoh yang mendirikan organisasi politik pertama Indonesia yaitu Indische Partij.

 

 

Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara

 

(foto: doodlefinder.org)

 

Kita lebih sering mendengar nama tokoh ini kalau berhubungan dengan dunia pendidikan. Ki Hajar Dewantara mendirikan Taman Siswa, lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi pribumi menengah ke bawah untuk memperoleh pendidikan layak. Selain itu, Ki Hajar Dewantara juga terkenal sebagai politisi apalagi sejak ikut turut mendirikan Indische Partij.

 

 

Douwes Dekker

 

(foto: laniratulangi.wordpress.com)

 

Kalau tadi sudah ada Dr. Cipto Mangunkusumo dan Ki Hajar Dewantara, enggak lengkap enggak ada Douwes Dekker atau Danudirja Setiabudi. Ketiga tokoh yang terkenal dengan sebutan Tiga Serangkai ini adalah pendiri Indische Partij. Tokoh yang punya nama lengkap Ernest Francois Eugene Douwes Dekker ini terkenal sebagai aktivis politik. Ia juga penggagas dari nama Nusantara, lho!

 

Baca juga: Selain Kartini, Ini 4 Tokoh Lain Emansipasi Wanita di Indonesia

 

(foto: tempo.co)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN