Playground

5 Novel Remaja Bertema Sekolah Untuk Menemani Liburan

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 21 Desember 2015

5 Novel Remaja Bertema Sekolah Untuk Menemani Liburan

Liburan tibaaa! Ini saatnya kita 'balas dendam' buat baca novel-novel yang sempet tertunda karena sibuk sama tugas sekolah, girls! Ini dia rekomendasi 5 novel remaja bertema sekolah untuk menemani liburan kita.

(foto: metro.co.uk)

 

(Baca juga: 5 Novel Tentang Orang Biasa Yang Pacaran Dengan Seleb Idola)

 

Thalita

(foto: goodreads.com)

 

Penulis: Stephanie Zen

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Bercerita  tentang Thalita yang enggak diizinkan orangtuanya satu SMA dengan Andra, mantan Thalita yang seorang junkies. Sebenarnya Thalita masih menyayangi Andra, namun ia kecewa karena Andra enggak mau ikut rehab. Di sekolah barunya, Thalita bertemu dengan sosok charming  Darren, mereka semakin dekat karena memiliki kesamaan. Darren pernah ditolak Cheryl, cinta pertamanya yang juga seorang junkies. Nah, di sini konflik dimulai! Ketika Cheryl meminta kesempatan kedua dari Darren, jauh di lubuk hati, Darren masih menyimpan rasa untuk cinta pertamanya ini.

 

Omen

(foto: goodreads.com)

 

Penulis: Lexie Xu

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Yang satu ini cocok untuk kita penggemar thriller. Novel karya Lexie Xu ini bercerita tentang saudara kembar, Erika Guruh dan Eliza Guruh yang memiliki kepribadian yang sangat berbeda. Erika sosok tukang pembuat onar di sekolah, sedangkan saudara kembarnya  Eliza cewek feminin, siswi populer di sekolah dan pacar idaman cowok-cowok. Hal ini membuat keduanya diperlakukan berbeda oleh teman-teman, guru bahkan keluarganya sendiri. Tentu saja, Erika merasa iri dengan Eliza. Sampai suatu hari Eliza ditemukan sekarat di proyek pembangunan dengan empat pisau di tubuhnya. Semua orang langsung berprasangka buruk kepada Erika, bahkan teman-temannya mulai menghindar dari Erika. Novel ini akan membawa kita menelusuri fakta-fakta untuk mengungkap siapa pelaku sebenarnya.

 

(Baca juga: 13 Buku Keren Wajib Dibaca Buat Pecinta Film 'The Fault In Our Star')

 

Jingga dan Senja

(foto: goodreads.com)

 

Penulis: Esti Kinasih

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Merupakan buku pertama dari trilogi Jingga dan Senja. Diawali dari pertemuan mereka saat upacara bendera di SMA Airlangga. Ari pentolan sekolah yang nyasar di barisan adik kelas heran dengan gaya Tari yang serba orange. Kemudian, pertemuan mereka berlanjut saat Ari menyelamatkan Tari yang nyasar di antara anak-anak tawuran. Kemarahan Ari semakin memanas, saat tahu Angga 'pentolan' SMA musuh mengincar Tari. Ari yang biasanya cuek banget sama cewek, berubah drastis dan berusaha mati-matian buat dapetin Tari juga. Hal lain yang membuat Ari berjuang untuk Tari ialah, saat tahu nama Tari, Jingga Matahari yang memiliki makna yang sama dengan nama Ari, Matahari Senja. Ada apa ya?

 

Brondong Lover

(foto: goodreads.com)

 

Penulis: Stephanie Zen

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Pernah naksir sama adik kelas? Hmmm, gengsi enggak sih, girls, kalau harus pacaran? Nah, novel ini pas banget! Nasha yang menjadi panitia MOS (Masa Orientasi Siswa), harus menghadapi Dave, anak baru yang jahilnya kebangetan. Di balik jahilnya Dave, dia menyimpan rasa untuk Nasha. Semakin hari, Nasha luluh dengan Dave yang semakin menunjukkan perhatiannya lewat sikap jahilnya itu. Namun, Nasha terus mengubur perasannya, karena gengsi kalau harus naksir adik kelas. Sampai akhirnya, Dave menyatakan perasannya ke Nasha. Dari situ, mereka berpacaran dan berkomitmen untuk enggak mendengarkan omongan orang-orang. Tapi perjalanan cinta mereka terus diuji.

 

(Baca juga: Pelajaran Cinta Dari Novel-Novel John Green)

 

Dilan: Dilanku 1990

(foto: ayahpidibaiq.blogspot.co.id)

 

Penulis: Pidi Baiq

Penerbit: Mizan Publishing

Nah, novel yang lagi hits ini berlatar belakang di Bandung pada tahun 90-an, Bercerita tentang Dilan, bad boy di sekolah yang jatuh cinta sama anak baru, Milea Adnan Hussain. Novel ini ditulis dari sudut pandang Milea, bagaimana dia mengenal Dilan dari awal, sampai perjalanan cinta mereka, seperti gombalan-gombalan unik dan sederhana khas Dilan buat Milea yang bakal bikin kita ikutan melting, he-he-he, sampai bagaimana Dilan bersaing dengan cowok lain untuk mendapatkan Milea.

 

(Baca juga: 5 Novel Young Adult Bertema Natal Yang Wajib Dibaca)

 

(student journalist: niken/ SMAN 3 Bekasi)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN