Playground

5 Negara dengan Tingkat Kemakmuran Terendah di Tahun 2016

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 21 Januari 2016

5 Negara dengan Tingkat Kemakmuran Terendah di Tahun 2016

Legatum Institute, sebuah lembaga yang berbasis di London, mengumumkan Indeks Kemakmuran tahunan. Inilah 5 negara dengan tingkat kemakmuran terendah di dunia di awal tahun 2016 ini.

(foto: pixabay.com)

 

(Baca juga: 10 Negara Paling Bahagia di Dunia)

 

Indeks yang dihitung

Setiap tahun, Legatum Institute, sebuah lembaga yang berbasis di London, mengumumkan Indeks Kemakmuran tahunan. Indeks ini berisi 142 negara yang diurutkan berdasarkan kemakmuran mereka.

 

Kemakmuran dalam indeks ini tidak hanya berbicara tentang uang, namun melibatkan 89 variabel yang berbeda. Mulai dari indikator seperti tingkat pengangguran suatu negara hingga seberapa besar kebebasan politik yang dirasa dimiliki oleh masyarakat tersebut.

 

Data tersebut kemudian dipecah menjadi delapansubindex - ekonomi, kewirausahaan dan kesempatan, tata kelola, pendidikan, kesehatan, keselamatan dan keamanan, kebebasan pribadi, dan modal sosial. Masing-masing diberi skor untuk kemudian kemakmuran negara dihitung.

 

Nah, berikut ini 5 negara dengan tingkat kemakmuran terendah di dunia menurut Legatum Institute.

 

(Baca juga: 10 Negara Dengan Kesetaraan Gender Terbaik dan Terburuk)

 

Republik Afrika Tengah

(foto: worldatlas.com)

Seperti namanya, negara ini terletak di jantung Afrika. Warga melaporkan tingkat kebebasan pribadi yang relatif tinggi, namun negara mendapat predikat terbutuk dalam tiga kategori - kewirausahaan dan kesempatan, pendidikan, serta kesehatan - yang menempatkan negara ini di posisi juru kunci dalam indeks kemakmuran, dua tahun berturut-turut.

 

Afghanistan

(foto: worldatlas.com)

Dilanda perang selama puluhan tahun, rasanya tidak mengherankan jika Afghanistan berada di peringkat terburuk dalam hal pemerintahan terburuk. Selain itu, keselamatan dan keamanan mereka juga di peringkat terburuk kedua. Faktor-faktor ini, dikombinasikan dengan subindex ekonomi yang buruk, membuat Afghanistan hanya ada satu tingkat di atas negara dengan kemakmuran terburuk.

 

(Baca juga: Ini Alasan Kenapa Korea Selatan Jadi Negara Teraman di Dunia)

 

Haiti

(foto: worldatlas.com)

Haiti tidak pernah benar-benar pulih dari gempa bumi yang melanda negara itu pada tahun 2010, dan peringkat kesehatan yang mengerikan, bersama dengan tata pemerintahan yang buruk dan rendahnya tingkat kebebasan pribadi membuat peringkat mereka jatuh lima tingkat menjadi peringkat ke 140 dari 142 negara tahun ini.

 

Chad

(foto: worldatlas.com)

Tahun lalu hanya Republik Afrika Tengah yang lebih buruk dari Chad dalam hal kemakmuran, tapi tahun ini, berkat predikat sebagai negara ke-76 dalam peringkat perbaikan ekonomi terbaik, Chad telah naik dua tempat. Sayanyng negara ini masih mencetak peringkat terburuk di empat subindexes lainnya.

 

Burundi

(foto: worldatlas.com)

Hanya tiga negara dalam Indeks Kemakmuran yang memiliki skor terendah dalam subindex ekonomi tahun ini. Ditambah dengan modal sosial dan kesehatan yang rendah, Burundi ditempatkan di peringkat ke 138 dari 142 negara dalam indeks lengkap. (Sumber: businessinsider.sg)

 

(Baca juga: Negara Paling Berbahaya Dengan Angka Kekerasan Paling Tinggi)

 

(ade/ intisari-online.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN