Playground

5 Hal yang Enggak Boleh Dilakukan Cewek di Arab Saudi

Published by : Uswatun Khasanah Posted on : Kamis, 20 Oktober 2016

(lifeinsaudiarabia)

Meskipun banyak rakyat di Indonesia yang mengikuti kebiasaan budaya timur, kita sebagai cewek kini masih memiliki banyak kebebasan jika dibandingkan dengan negara-negara yang memiliki kebudayaan Islam yang kuat, seperti diantaranya negara Arab Saudi. Jika kita mau berkunjung ke negara lain, termasuk Arab Saudi, sebaiknya kita mematuhi seluruh aturan serta nilai sosial yang berlaku di negara tujuan tersebut. Di Arab Saudi, kita sebaiknya menyimak lima hal aturan yang dilarang untuk cewek. Apa saja ya 5 hal yang enggak boleh dilakukan cewek di Arab Saudi?

 

Mengendarai mobil

Enggak ada hukum resmi yang melarang cewek mengendarai mobil di Arab Saudi. Namun, petinggi pemerintahan dan pemangku keputusan melarang cewek mengendarai mobil berdasarkan hukum agama Islam. Cewek yang mengendarai mobil dianggap mencemooh nilai-nilai sosial di tanah Arab.

Pada tahun 2011 dulu, sempat terjadi kampanye Women2Drive untuk meluruhkan hukum dan larangan cewek mengendarai mobil. Sejumlah cewek di Arab mengunggah foto sedang menyetir dan mengunggahnya ke media sosial dengan tagar #Women2Drive.

Seorang jurnalis cewek, Talal Alharbi, yang berkebangsaan Arab mengatakan bahwa cewek harusnya diizikan menyetir mobil untuk keperluan mengantar anak ke sekolah atau saat anggota keluarga sakit sehingga harus segera di bawa ke rumah sakit. “Perjuangkanlah untuk hal-hal seperti itu. Sifat keras kepala hanya akan merugikan banyak orang,” tulis Alharbi.

 

Mengenakan busana atau riasan yang memperlihatkan kecantikan

The Economist memberitakan bahwa aturan berbusana untuk cewek di Arab berdasarkan hukum Islam yang harus menutup semua bagian tubuh yang dianggap sebagai aurat. Namun, aturan ini terus berkembang sehingga cewek untuk menutup keseluruhan tubuh sehingga hanya terlihat segaris mata.

author :

Uswatun Khasanah

Freelance Writer for Kawankumagz

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN