Playground

5 Fakta Unik Tentang Laut

Published by : Marti Posted on : Rabu, 5 Maret 2014

5 Fakta Unik Tentang Laut

Hamparan permukaan air yang luas dan dalam. Laut, tetap menjadi misteri. Banyak ilmuan berlomba melakukan riset untuk mengungkap fakta yang belum terpecahkan. Ini dia fakta unik tentang laut yang wajib diketahui.

 

Kedalaman Laut

Laut memiliki kedalaman rata-rata 12.080,7 kaki atau setara dengan 3.682,2 meter. Kedalaman ini setara dengan delapan kali gedung Empire State yang digabungkan. Sedangkan, kedalaman yang paling dalam di laut adalah 36.200 kaki atau 11.030 meter. Setara dengan dua puluh lima kali kali gedung Empire State.


Rasa Asin                     

Laut memiliki kadar garam karena bumi dipenuhi garam mineral. Garam-garam ini terdapat di dalam batu dan tanah. Nah, air yang terbawa dari sungai mengalir ke laut membawa garam secara terus-menerus.

 

Karena sangat luas, penguapan air di laut sangat besar. Ketika menguap, kandungan garam itu tertinggal. Makanya, laut akan terus memiliki kadar garam.


Air Laut

Fakta mengejutkan dari segelas air laut yang perlu kita ketahui. Segelas air laut mengandung jutaan sel bakteri, ratusan ribu fitoplankton, puluhan ribu zooplankton.


Pusaran Air

Pusaran air yang terjadi di laut merupakan fenomena menakjubkan yang masih menjadi misteri. Salah satu pusaran paling terkenal adalah Maelstrom, di laut Norwegia. Disini terjadi dua kali sehari dengan putaran terbesar dan sangat kuat. Dan yang paling aneh dari tempat ini, pusaran tersebut berubah setiap tiga sampai empat bulan. Dengan putaran yang berlawanan arah jarum jam di bagian Utara dan searah jarum jam di bagian Selatan.


Laut Setan

Area yang paling ditakuti semua orang. Terletak di wilayah Pasifik sekitar pulau Miyake, 100 kilometer Selatan Tokyo. Tempat yang dianggap segitiga bermuda ini enggak bisa ditemukan di peta manapun. Semua pelaut enggak mau melewatinya walau mereka adalah penduduk lokal setempat.

 

Disini, badai bisa muncul tiba-tiba dan menghilang secara mendadak. Enggak ada burung, lumba-lumba ataupun paus yang hidup di tempat ini. Dilaporkan sembilan kapal menghilang dalam waktu lima tahun di 1950. Yang terkenal adalah menghilangnya Kaiyo Maru No.5, kapal riset Jepang. Banyak yang mengaku melihat penampakan kapal tersebut sebagai kapal hantu.

 

 

(stefanie, foto : theguardian.com, mannaismayaadventure.com, mindbodygreen.com, hat.net, writingisfun-damental.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN