Playground

4 Toko Buku Legendaris Yang Gulung Tikar

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Sabtu, 27 April 2013

4 Toko Buku Legendaris Yang Gulung Tikar

Beberapa toko buku memang bertahan dan jadi legenda karena keunikannya. Tapi enggak selamanya usaha toko buku berhasil mendulang sukses. Banyak juga di antara mereka yang gulung tikar dengan berbagai sebab. Aww... Sedih, deh dengarnya.

 

Murder ink

Lokasi: Manhattan, Amerika Serikat

Setelah berjuang selama 34 tahun, akhirnya tahun 2007 kemarin toko buku misteri terbesar di dunia tutup. Hal ini disebabkan karena harga sewa yang semakin lama semakin tinggi. Selain itu, kompetisi dengan jaringan toko buku besar serta online retailers menyebabkan Murder Ink tidak lagi bisa bertahan.

 

Loome's antiquarian booksellers

Lokasi: Minnesota, Amerika Serikat

Sepertinya kemajuan internet berdampak besar pada matinya toko buku di mancanegara. Loome'menjadi salah satu korbannya. Desember 2007 lalu, toko buku ini terpaksa gulung tikar akibat tidak dapat bersaing dengan Amazon dan peredaran e-book di internet yang harganya jauh lebih murah dibandingkan printed books.

 

Candida's world of books

Lokasi: Washington, Amerika Serikat

Akhir 2008, travel bookstore yang ada di kawasan Washington ini juga ikut-ikutan tutup. Alasannya tak lain karena terus-terusan merugi. Alhasil, di kota itu, enggak ada lagi tersisa travel bookstores. Kabar buruk bagi pecinta traveling.

 

Book room

Lokasi: Halifax, Kanada

Toko buku tertua di Kanada yang telah hidup selama 169 tahun ini akhirnya mengakhiri perjuangannya. Perubahan pasar yang sangat signifikan dan harga dolar yang terus naik menjadi penyebab utamanya. Padahal, Book Room sempat berhasil melewati masa Great Depression yang melanda Eropa, lho.

 

(grace, foto: z-mation.com, spiritualtravels.info, flickr.com, canada.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN