Playground

4 Film Pahlawan Indonesia Yang Wajib Ditonton Remaja

Published by : Natasha Erika Posted on : Selasa, 10 November 2015

4 Film Pahlawan Indonesia Yang Wajib Ditonton Remaja

Dari film, kita bisa belajar sejarah Indonesia. Selain itu, kita juga bisa turut mengenal dan mengenang jasa para pahlawan. Ini dia 4 film pahlawan Indonesia yang wajib ditonton remaja. Film-film ini dikemas menarik sehingga enggak bakal bikin kita bosan menonton. Jadi, emang pas banget buat remaja.

 

Baca juga: 5 Tokoh Penting Kebangkitan Nasional Yang Wajib Kita Kenal

 

1. Battle of Surabaya

Battle of Surabaya diadaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Dikutip dari Bintang.com, Musa, seorang remaja penyemir sepatu yang kemudian membawa misi sebagai kurir surat-surat rahasia untuk para tentara dan milisi pejuang Indonesia. Selain surat rahasia Musa juga mengantar surat-surat pribadi para pejuang untuk keluarganya.

 

(foto: liputan6.com)

 

(foto: duniaku.net)

 

Yang istimewa, ini adalah film animasi pertama di Indonesia. Produksi film ini digarap serius. Apalagi setelah mendapat dukung dari Walt Disney Pictures. Tak cuma animasi dan cerita, soundtrack film ini juga melibatkan musisi top tanah air. Dalam poster tertulis lima penyanyi yang mengisi film ini yaitu Angela Nazar, Afgan, Ungu, Maudy Ayunda, dan Sherina.

 

 

2. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Film ini mengisahkan tentang perjuangan HOS Tjokroaminoto untuk kemerdekaan RI. Merah Putih menulis kalau film yang rilis pada 9 April 2015 ini menampilkan suasana perjuangan Tjokroaminoto dengan organisasi Serekat Islam yang didirikannya pada tahun 1800-an. Dan aktor utama yang beruntung untuk memerankan karakter tokoh pahlawan asal Yogyakarta ini adalah Reza Rahadian.

 

(foto: tribunnews.com)

 

Film ini merupakan biopik dari salah satu tokoh sejarah Indonesia, HOS Tjokroaminoto. Setelah lepas dari era tanam paksa di akhir tahun 1800, Hindia Belanda (Indonesia) memasuki babak baru yang berpengaruh ke kehidupan masyarakatnya. Yaitu dengan gerakan Politik Etis yang dilakukan oleh pemerintah Belanda hingga kemiskinan masih banyak terjadi pada masyarakat Indonesia pada saat itu.

 

Baca juga: Film Drama Romantis Vintage Yang Wajib Kita Tonton Sebelum Pacaran dan Jatuh Cinta

 

3. Soekarno

Masih dari Merah Putih, film selanjutnya adalah Soekarno, film drama Indonesia yang dirilis pada 11 Desember 2013. Film ini dibintangi oleh Ario Bayu dan Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi dan Sujiwo Tejo. Film Soekarno di sutradara ternama Hanung Bramantyo, film bertemakan pahlawan yang juga tokoh proklamator Soekarno ini telah memenangkan pernghargaan di ajang ASEAN Intertanional Film Festival and Awards 2015.

 

(foto: ekspresionline.com)

 

 

4. Jenderal Soedirman

CNN Indonesia sempat mengulas soal film ini, girls. Jadi, film ini bermula saat Indonesia baru saja merdeka. Saat itu Indonesia baru saja membentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan memilih panglima besar. Soedirman (Adipati Dolken) pun terpilih pada pemilihan yang enggak beselang lama dengan Agresi Militer II.

 

(foto: moslemforall.com)

 

(foto: beritagar.id)


Baru saja didapuk sebagai seorang panglima besar, Soedirman harus menerima cobaan dengan terjadinya Agresi Militer II. Belanda mengingkari Perjanjian Renville dan kembali menginvasi Indonesia.

 

Baca juga: Presiden Soekarno Hadir Di Museum Madam Tussaud Hong Kong

 

(foto: beranda.co.id)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN