Playground

10 Tokoh Superhero Komik Indonesia (Bagian 2)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 28 September 2014

10 Tokoh Superhero Komik Indonesia (Bagian 2)

Tokoh-tokoh superhero seperti Superman, Batman dan Spider-Man, mungkin udah enggak asing lagi buat kita. Tapi enggak cuma "produk" luar negeri aja, Indonesia juga kaya akan superhero. Ini dia 10 tokoh superhero komik Indonesia.

 

(Baca juga: 10 Tokoh Superhero Komik Indonesia Bagian 1)

 

Superhero Indonesia ini sudah eksis sejak tahun 70-an, saat masa jaya industri komik nasional.

 

Simak nih, 10 tokoh superhero dari komik Indonesia:

 

Jin Kartubi

Kartubi adalah jin raksasa hamba Maza hasil ciptaan Hasmi pada tahun 1968. Apabila Maza memerlukannya, ia tinggal menggosok pisau belatinya, Kartubi akan segera muncul sambil tertawa terbahak-bahak.

 

Kartubi sebenarnya adalah pangeran di negeri jin yang disebut kerajaan Mbegadud. Ayahnya adalah raja Mansuk Lezus. Saudara-saudaranya yang jahat memasukannya ke dalam botol dan membuangnya.

 

Ia memasuki mimpi Kanigara (alter ego Maza) bahwa ia kaan mengabdi kepadanya dan masuk ke dalam belatinya. Wujudn raksasa Kartubi sering dipergunakan Maza dalam menghadapi ancaman raksasa di pulau hantu. Kemampuannya untuk terbang sangat dimanfaatkan para superhero yang tidak dapat terbang untuk transportasi udara.

 

(Baca juga: Kostum Paling Lucu dan Unik dari London Film & Comic Con)

 

Kalong

Kalong atau Calong adalah tokoh komik ciptaan Hasmi. Muncul pertama kali pada tahun 1972 dalam Calong Anak Kelelawar.

 

Aslinya bernama Agus Supriyadi. Dia mendapat kekuatan saat terjerumus dalam sebuah goa di Dieng. Goa yang berisi ribuan kelelawar itu ternyata tempat tinggal manusia kelelawar dari kerajaan Laksa Bantala.

 

Rajanya yang bernama Xamfereet memberinya sebuah benda ajaib yang bila ditempeklkan di kening akan mengubahnya menjadi superhero cilik yang disebut Kalong.

 

Kalong dapat terbang seperti kelelawar, kebal senajata. Ujung jarinya bisa memancarkan sinar pemaham. Apabila sinar itu dikenakan pada hewan, maka hewan itu bisa mengerti dan berbicara untuk memeberi keterangan yang jujur.

 

(Baca juga: Perbedaan Antara Spider-Man, The Amazing Spider-Man, Dan Komiknya)

 

Sembrani

Sembrani muncul pertama kali dalam serial Gundala 1000 Pendekar tahun 1974. Tokoh komik ciptaan Hasmi ini bernama asli Tangguh.

 

Tangguh sedang berada di tepi kawah gas beracun di Dieng, ketika ada sesuatu yang membuatnya tertarik turun ke kawah. Sebuah pesawat angkasa ternyata telah jatuh ke dalam kawah. Kehadiran benda itu rupanya menetralisir racun gas.

 

Lewat proyeksi 3 dimensi, Otohrb, seorang panglima perang yang telah lama mati dalam pertempuran di sistem bintang Ristuty berbicara padanya. Dia memberi Tangguh sebuah kalung yang dapat merubahnya menjadi seorang superhero yang bernama Sembrani. Sembrani mempunya kemampuan untuk menetralisir medan magnet maupun medan listrik, menetralisir racun dan bisa terbang.

 

(Baca juga: Kenali Karakter Diri Lewat Komik Golongan Darah)

 

Zantoro

Zantoro berasal dari keluarga yang kurang harmonis, adiknya yang bernama Mantoro tinggal bersama sang ibu, sedangkan Zantoro tinggal bersama sang ayah. Sang ayah merupakan seorang pedagang dan ahli dalam pembuatan senjata tajam.

 

Zantoro juga mewarisi kemampuan sang ayah dalam membuat senjata tajam dan juga ahli dalam memainkannya. Zantoro amat benci dengan kejahatan, ia akan merasa sangat geram jika melihat tindak kejahatan di depannya, dan tak sedikit penjahat kelas teri dan kelas kakap yang berhasil diringkus oleh Zantoro.

 

(Baca juga: Belajar Dari Heroine Serial Asia)

 

Merpati

Sedhah adalah seorang wartawati. Ayahnya diculik sekolompok penjahat. Saat mencoba menolong sang ayah, dia terjatuh ke jurang. Nyawanya selamat karena ditolong oleh segerombolan merpati yang kemudian membawanya ke Ratu Merpati.

 

Ratu Merpati memasukkan Sedhah ke dalam suatu ramuah ajaib yang membuat Sedhah memiliki kekuatan super dan dikenal dengan sebutan Merpati.

 

(Baca juga: Famous Superhero Teams)

 

(ega/hai-online.com, foto: kaskus.com

 

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN