Playground

10 Tokoh Superhero Komik Indonesia (Bagian 1)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 28 September 2014

10 Tokoh Superhero Komik Indonesia (Bagian 1)

Tokoh-tokoh superhero seperti Superman, Batman dan Spiderman, mungkin udah enggak asing lagi buat kita. Tapi enggak cuma "produk" luar negeri aja, Indonesia juga kaya akan superhero. Ini dia 10 tokoh superhero komik Indonesia.

 

(Baca juga: Famous Superhero Teams)

 

Superhero Indonesia ini sudah eksis sejak tahun 70-an, saat masa jaya industri komik nasional.

 

Simak nih, 10 tokoh superhero dari komik Indonesia:

 

Gundala Putra Petir

Gundalah merupakan karakter dari tokoh komik bernama Hasmi. Komik Gundala Putra Petir ini dirilis pada tahun 1969.

Jelas ada pengaruh superhero Amerika pada sosok Gundala ini. Baik itu lewat desain karakter maupun jenis kekuatannya. Sang pencipta pun nggak membantah, bahwa ia terinspirasi The Flash.

 

"Iya betul. Cuma kalau Flash saya kurang sreg, jadi ini saya ciptakan yang menurut saya kecepatannya masih masuk akal nggak secepat cahaya." tutur Hasmi, ditemui saat jumpa pers film Gundala.

 

Yang menarik adalah lokasi cerita berpusat di Yogyakarta, kebetulan Tanah kelahiran Hasmi. Berawal dari seorang peneliti jenius bernama Sancaka. Dia menemukan serum antipetir. Karena keasyikan menemukan penemuannya, dia sampai lupa hari ulang tahun kekasihnya. Alhasil, hubungan mereka putus. Sancaka yang patah hati pun galau. Dia berlari di tengah hujan deras, dan petir menyambar. Dalam keadaan koma, dia ditarik sebuah kekuatan dari planet lain dan diangkat anak oleh raja Kerajaan Petir yang bergelar Kaisar Kronz.

 

Jadilah ia diberkati kemampuan super. Mampu memancarkan gledek dari telapak tangannya. Raja Taifun dari kerajaan Bayu pun memberinya kekuatan lari secepat angin.

 

Sejak saat itu, pada waktu-waktu tertentu, ia tampil sebagai jagoan penumpas kejahatan berpakaian hitam ketat dengan sepatu dan cawat berwarna merah. Wajahnya tertutup topeng, hanya terlihat mata dan mulutnya, di sisi topengnya terdapat hiasan seperti sayap burung.

 

(Baca juga: Belajar Dari Heroine Serial Asia)

 

Godam Manusia Besi

Tokoh superhero ini dibuat oleh Wid NS. Komik pertama yang berjudul Mmeburu Doktor Setan dirilis pada 1969. Godam berasal dari dimensi lain. Negeri asalnya bernama Godam, dikuasai Ratu Candalani yang jahat. Orangtuanya ialah bangsawaan pemberontak yang ingin menggulingkan kekuasaan sang ratu.

 

Karena diburu di negeri asalnya, Godam yang masih bayi dikirim ke bumi oleh kedua orangtuanya. Mereka ingin Godam selamat dan bisa melanjutkan pemberontakan suatu hari nanti.

 

(Baca juga: Kenali Karakter Diri Lewat Komik Golongan Darah)

 

Aquanus

Tokoh komik ini muncul satu tahun lebih tua dibanding Godam dan Gundala. Aquanus adalah tokoh komik ciptaan Wid NS. Muncul pertama kali dalam komik berjudul Aquanus di Planet Vibhy pada 1968.

 

Ketika terjadi penyerangan bangsa Burbur ke planet Zyba, putra angkat raja Sving yang masih bayi dilarikan dengan sebuah roket ke luar angkasa. Roket tersebut jatuh ke lautan di planet bumi. Keluarga pemburu paus memlihara anak yang kemudian diberi nama Dhanus.

 

Bangsa Zyba adalah bangsa yang mampu hidup di darat dan di air sehingga Dhanus dapat dengan mudah bermain-main ke dasar lautan. Suatu ketika saat menyelam di dasar laut, seseorang yang mengaku berasal dari Zyba menolongnya dari serangan gurita raksasa. Orang itu tewas ditembak para penyelam.

 

Sebelumnya ia memberikan sabuk sinar pelangi kepada Dhanus. Sabuk ini menjadi senjata andalan Aquanus. Nama Aquanus berasal dari Aqua yang berarti air, dan Nus dari Dhanus.

 

(Baca juga: Perbedaan Antara Spider-Man, The Amazing Spider-Man, Dan Komiknya)

 

Pangeran Mlaar

Satu lagi tokoh superhero ciptaan Hasmi, yaitu Pangeran Mlaar. Mlaar adalah Putra Mahkota planet Covox.

 

Setelah terbunuhnya ayah Mlaar oleh komplotan Menteri Telern dan Putri Kepala Perak, Mlaar dilarikan oleh pamannya yang seorang ilmuwan jenius. Berkat rekayasa henetika yang dilakukan sang paman, Mlaar mempunyai kemampuan elastisitas yang bisa membuat badannya mulur.

 

Caroq

Karakter Caroq diciptakan oleh Ahmad Thoriq pada tahun 1992. Nama aslinya adalah Ongko yang berprofesi sebagai supier taksi. Ia memmiliki kekuatan magis untuk mengubah dirinya menjadi seorang superhero.

 

Caroq memiliki 2 bilah celurit sakti yang panjang. Musuh bebuyutannya adalah Si Tangan Empat dan Si Bengis.

 

(Baca juga: 10 Tokoh Superhero Komik Indonesia Bagian 2)

 

(ega/hai-online.com, foto: id.wikipedia.org,  kaskus.com)  

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN