Playground

10 Negara Paling Bahagia di Dunia (Bagian 1)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 2 Februari 2015

10 Negara Paling Bahagia di Dunia (Bagian 1)

Apa yang membuat seseorang bahagia? Bisa dari pendapatan, tempat tinggal, pendidikan dan hal-hal lainnya. Dari hasil survey, ada 10 negara yang dianggap paling bahagia. Enaknya tinggal dimana ya?

 

(Baca juga: 10 Negara Paling Bahagia di Dunia Bagian 2)

 

Australia

Australia dinobatkan sebagai negara industri terbahagia di dunia selama empat tahun berturut-turut. Ini merupakan hasil survei yang dilakukan oleh OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development's) Better Life Index tahun 2013.

 

Survey yang dilakukan oleh OECD ini dihitung dengan menggunakan sebelas kriteria, seperti pendapatan, kualitas lingkungan hidup, jaminan keamanan pribadi, pendidikan dan kemampuan, hubungan sosial dan kesehatan individu. Survei ini sudah mulai dilakukan oleh OECD sejak awal tahun 2000.

 

Ukuran kebahagiaan berbeda-beda, tergantung dari umur, jenis kelamin dan asal negara. Namun secara garis besar, dari 60.000 orang selalu menempatkan kepuasan hidup, kesehatan dan pendidikan sebagai faktor utama penentu kebahagiaan.

 

Penduduk di Jepang mengukur kebahagian mereka berdasarkan keamanan pribadi. Lain lagi Amerika Latin menganggap mereka bahagia bila sudah mendapat jaminan pendidikan. Di Australia menilai mereka bahagia bila ada keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.

 

(Baca juga: Feel Good Formula, Rahasia Untuk bahagia)

 

Negara Skandinavia

Sepuluh negara terbahagia dari urutan pertama hingga sepuluh adalah: Australia, Norwegia, Swedia, Denmark, Kanada, Swiss, Amerika Serikat, Finlandia, Belanda dan Selandia Baru. Ada empat negara di Skandinavia (Eropa Utara) yang masuk sepuluh besar. Dua negara keluar dari urutan sepuluh besar negara terbahagia, yaitu Inggris dan Islandia. Mereka digantikan posisinya oleh Finlandia dan Selandia Baru.

 

Sebagai negara paling bahagia di dunia, ada sekitar 350.000 orang menyatakan ingin bekerja di Australia. Negara ini juga berada di urutan ke-enam sebagai negara dengan tempat kerja terbaik di dunia. Menurut Economist Intelligence Unit Global, kota Melbourne juga dinobatkan sebagai kota terbaik untuk dihuni. Penilaian ini didasarkan atas rendahnya tingkat kejahatan, ancaman konflik, tingginya kualitas pelayanan kesehatan, udara, sekolah dan jalur transportasi.

 

(Baca juga: Tips Jadi Bahagia dengan Cara yang Mudah)

 

(muti, foto: tumblr.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN