Youth For Understanding Indonesia: Belajar Setahun di Luar Negeri

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 1 November 2012

Youth For Understanding Indonesia: Belajar Setahun di Luar Negeri

Satu lagi lembaga pendidikan yang bisa membantu kita mewujudkan mimpi sekolah di luar negri: Youth For Understanding (YFU). Lembaga penyelenggara pertukaran pelajar yang sudah eksis sejak tahun 1951 di Amerika ini siap mengantar kita belajar ke puluhan negara di berbagai benua!

Tiga program andalan
Sejak tahun 2006, YFU cabang Indonesia sudah mengirim pelajar Indonesia untuk bersekolah ke Amerika, Belanda, Jerman, Perancis, Australia, dan negara lainnya. Tahun ini, YFU membuat tiga program: High School Program (HSP) untuk pelajar berusia 15-18 tahun yang akan bersekolah di luar negri selama 1 tahun, serta Community College Program (CCP) program pertukaran pelajar untuk siswa lulusan SMA atau mahasiswa berumur 17-23 tahun selama satu sampai dua tahun.

Tentu saja program pertukaran pelajar memiliki beberapa persyaratan. Seperti sehat jasmani dan rohani, berkepribadian baik, aktif berorganisasi, mendapat izin dari orangtua, serta lulus di beberapa tes. Seperti tes bahasa Inggris (lisan dan tulisan), ilmu pengetahuan umum, kepribadian, SLEP Test untuk HSP, dan International TOEFL untuk CCP.

Keluarga baru yang seru
Selain dua program tersebut, YFU juga memiliki program lainnya, yaitu Summer Program. Pas untuk kita yang ingin merasakan tinggal bersama keluarga angkat setempat dan mengikuti program khusus di sekolah setingkat SMA di luar negri selama 1 bulan. Program ini biasanya diadakan saat musim liburan sekolah sekitar bulan Juni sampai Agustus.

Jangan khawatir akan dapat keluarga angkat yang enggak sesuai sama kita. Soalnya, hasil tes kepribadian kita akan disesuaikan dengan karakter keluarga angkat yang akan menerima kita di negara yang dituju. Biasanya disesuaikan dengan minat kita, kalau kita suka musik, maka akan ditempatkan di rumah keluarga angkat yang juga suka musik. Dijamin enggak bakal homesick. Hi-hi-hi.

Untuk program tahun ajaran 2013-2014, pendaftarannya sudah dibuka sejak Oktober lalu sampai awal Januari 2013. Informasi lebih lanjut, langsung aja klik www.yfu-indonesia.or.id atau kunjungi Facebook mereka dengan nama YFU Indonesia. Semoga bisa bersekolah dan melanglang buana ke penjuru dunia, ya!

(isma, foto dok. YFU)

Tags : event remaja issue

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN