YIPABK: Kampanye Peduli Anak Berkebutuhan Khusus

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 21 Juli 2013

YIPABK: Kampanye Peduli Anak Berkebutuhan Khusus

Girls, mungkin banyak diantara kita yang belum tahu soal Yayasan Indonesia Peduli Anak Berkebutuhan Khusus (YIPABK) ataupun enggak cukup sadar sama keberadaan teman-teman kita yang termasuk pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) ya. Nah, maka dari itu, demi membangun kesadaran dan kepedulian msyarakat umum tentang keberadaan anak berkebutuhan khusus,  YIPABK secara resmi meluncurkan kampanye bertajuk  "What will I Be?".

 

Enggak cuma soal keberadaan mereka saja, kampanye ini juga menekankan soal pentingnya pendidikan dan penanganan yang tepat bagi ABK di Indonesia. Soalnya ini penting banget demi mendukung dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik buat mereka. Meski punya kondisi bekekhususan, mereka juga berhak dong punya masa depan yang cerah dan lebih baik, enggak berbeda dengan kita.

 

"Gerakan ini berawal dari keprihatinan terhadap salah satu persoalan besar dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan bagi ABK, di Indonesia, yaitu masih besarnya jumlah ABK yang belum mendapatkan layanan pendidikan dan penanganan yang efektif terhadap kondisi kekhususan yang disandang sang anak," kata Very J. Manik, Wakil Ketua Pengurus YIPABK dan Koordinator Pelaksana Kampanye.

 

Melalui kampanye "What Will I Be?" akan diberikan bantuan bagi seratus orang anak bekebutuhan khusus. Jenis bantuannya antara lain assesment kondisi anak, diagnosa, intervensi atau terapi, dan penyusunan program pembelajaran individu bagi ABK di sekolah.

 

Ada juga pelatihan bagi 50 guru dan 50 orang tua supaya dapat mengerti karakteristik kebutuhan khusus sehingga dapat digunakan untuk menangani anak dengan kondisi kekhususan. Pelatihan yang diberikan antara lain penanganan ABK bagi orang tua dan guru, pelatihan menjadi guru bantu dan pelatihan terapi perilaku buat penanganan anak autistik

 

Dalam rangka kampanye ini juga akan diluncurkan buku dengan judul "What will I Be?" yang berisi cerita-cerita inspiratif tentang ABK, pada akhir Agustus. Lalu akan ada juga ABK Family Fun Day yang akan diselenggarakan pada 27 Oktober nanti.  

 


Unjuk bakat

Supaya kita bisa lebih sadar dan mengenal keberadaan teman-teman ABK, digelar beberapa acara sebagai ajang unjuk bakat mereka, yang pastinya dengan karya yang keren-keren. Di anataranya ada pameran lukisan dan karya kerajinan tangan ABK, yang digelar di lantai 6 Senayan City, Jakarta,  pada 22-26 Juli 2013. Terus ada juga konser musik dan penampilan dari anak-anak berkebutuhaann khusus pada di gedung Menara Kuningan Unit F3, tanggal 5 Oktober nanti.

 

Selain itu, ada juga kegiatan-kegiatan seru, di mana kita juga bisa ikut berpartisipasi, lho. Diantaranya  lomba foto "Potret Kehidupan ABK di Indonesia" dengan hadiah total Rp 20 juta yang sudah berlangsung dari  April lalu hingga Agustus. Terus ada juga kegiatan pemutaran film tentang ABK ke sekolah-sekolah di  sembilan kota yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Makasar, dan Jayapura yang sudah berlangsung sejak Juni lalu sampai Oktober nanti.

 

(aisha, foto: dok. lucid communications)    

 

 

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN