Walaupun Kita Sudah Menghapus Chat Di Whatsapp, Ternyata Chatnya Masih Bisa Kita Baca

Published by : Debora Gracia Posted on : Kamis, 4 Agustus 2016

Walaupun Kita Sudah Menghapus Chat Di Whatsapp, Ternyata Chatnya Masih Bisa Kita Baca

Buat kita yang suka chatting-chattingan sama temen pakai Whatsapp di ponsel dengan platform iOS, isi chat yang sudah kita hapus itu nyatanya masih bisa dibaca lho! Bahkan setelah kita menekan ‘delete chat’, pesan-pesan chat kita bisa dimunculkan lagi!

Dilansir dari tulisan Yoga Hastyadi di Kompas Tekno, penyebabnya adalah masalah pada SQLite Library yang diakai Whatsapp dalam menyusun kode-kode aplikasinya.

Harusnya setelah kita menekan tombol delete chat, pesan chat kita akan terhapus dan Whatsapp akan melakukan overwrite. Tapi, nyatanya tidak. Pesan chat yang kita hapus itu hanya akan ditandai sebagai data terhapus oleh Whatsapp tanpa benar-benar melenyapkannya. Menurut peneliti sistem operasi iOs, SQLite Library itu memungkinkan chat yang sudah dhapus bisa dimunculkan lagi dengan alat forensik digital khusus.  

Ini membuat pesan-pesan chat kita tidak cukup terlindungi. Padahal, selama ini Whatsapp dikenal sebagai aplikasi chat yang melindungi privasi kita dengan memasang enkripsi di seluruh chat kita dengan teman-teman sesama pengguna Whatsapp. Tapi, pengamanan enkripsi itu berlaku untuk pengamanan kita dari masalah penyadapan. Kita tunggu saja ya, apa yang akan dilakukan Whatsapp selanjutnya untuk mengatasi pesan-pesan chat yang bisa muncul lagi ini! (veronica)

author :

Debora Gracia

Reporter.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN