Utang Indonesia Melebihi 2000 Triliun?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 16 Mei 2013

Utang Indonesia Melebihi 2000 Triliun?

Girls, pernah kepikiran soal masalah negara yang kita tinggali ini enggak? Meskipun kita merasa hidup tenang-tenang saja, sebenarnya Indonesia punya banyak masalah. Salah satunya adalah masalah utang negara. Sampai April 2013, utang pemerintah Indonesia mencapai angka Rp2023,72 triliun! Jumlah ini bertambah sebanyak Rp48 triliun dibandingkan dengan akhir 2012, yaitu Rp1975,42 triliun.

 

Kalau dihitung sama dollar Amerika Serikat, jumlah utang pemerintah sampai Maret 2013 mencapai US$ 208,16 miliar, naik dari posisi di akhir 2012 yang mencapai US$ 204,28 miliar. Sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bilang bakal mengurangi proyek-proyek yang memakai utang luar negeri. Tapi tetap saja utang negara bertambah, ya.

 

Hal ini mengakibatkan peringkat utang Indonesia turun dari posisi BBB- positive outlook ke posisi BB+ stable outlook oleh lembaga pemeringkat Standard and Poor's (S&P). Salah satu penyebabnya adalah kebijakan subsidi BBM. ""Ini memang jelas dikatakan bahwa bagaimana sikap kita terhadap bahan bakar minyak (BBM). Itu alasan utamanya. Padahal sudah sangat jelas sikap kita terhadap subsidi BBM ini," kata Hatta saat ditemui Kompas di kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Kamis (2/5)

 

(lana, foto: asiabusinessinfo.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN