UN 2014: Masih Beredar Bocoran Jawaban

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 14 April 2014

UN 2014: Masih Beredar Bocoran Jawaban

Fenomena bocoran UN sepertinya masih eksis ditemukan. Di beberapa sekolah, siswa rela menebus kunci jawaban sesuai dalam paket-paket yang disediakan. Meski gelisah, mereka mau membelinya, katanya buat berjaga-jaga.

 

Seperti laporan beberapa siswa yang menyebutkan kalau mereka sebenarnya sudah memegang kunci jawaban beberapa variasi paket yang akan diujikan pada hari pertama gelaran UN, Senin (14/4).

 

"Sempet denger kalo ada bocoran kunci jawaban, tau deh anak IPA atau IPS. Tapi kalo gue tadi nggak terlalu patokan sama bocoran,selama masih bisa gue kerjain sendiri, ya gue nggak buka-buka bocoran," kata cewek dengan nama samara Nina, yang mau nggak mau dia sebenarnta mengaku punya bocoran, tapi cuma dijadikan cadangan.

 

Sama dengan cowok kelas IPA, sebut saja nama Toni. Mengaku punya bocoran UN yang diterimanya seangkatan, Toni nggak ngebet pake kunci tersebut kok.

 

"Kalo soal bocoran UN, gue sih nggak pake. Soalnya kurang percaya aja, jadi mendingan gue kerjain sendiri," katanya tetap mengandalkan kemampuan sendiri.

 

Kunci jawaban hari selanjutnya

Dari sekolah lain di Jakarta, Armi, bukan nama sebenarnya juga mengaku sudah punya kunci jawaban hari pertama, kedua, bahkan ketiga. Tapi Armi nggak mau gegabah member tanda bulatan di lembar jawaban. Dia tetap kroscek soal dan jawaban yang dikiranya sesuai.   

 

"Ya, gue emang pake tuh bocoran, tapi gue cocokin dulu sama soal terus jawabannya. Nah abis itu gue nanya ke temen yang pinter kalo dia bilang oke ya gue kebet tuh kunci jawaban bocoran.," akunya usai mengikuti UN Bahasa Indonesia dan Geografi.

 

Lain lagi sama Angga (bukan nama sebenarnya), warga SMA di Jakarta Selatan ini tetap percaya diri bukan karena punya bocoran yang diterima sekelas tapi karena punya teman sebangku yang dianggap punya jawabanlebih baik darinya.

 

"Hari ini UN nya lancar,soalnya sebagian gampang sebagian susah. Lumayan kesulitan sih tapi kan ada bocoran. Gue sih nggak pake, tapi soal bocoran rata-rata diterima temen sekelas. Gue tinggal pinter-pinter nyontek aja, jangan sampe ketauan pengawas," kata cowok yang duduk di kelas XII IPS itu.

 

(rivay/sobri/hai, foto ilustrasi: ns1.kompas.web.id

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN