Ujian Nasional (UN) 2015: Tingkat Kesulitan Soal Enggak Berubah

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 30 Januari 2015

Ujian Nasional (UN) 2015: Tingkat Kesulitan Soal Enggak Berubah

Untuk Ujian Nasional (UN) tahun 2015 ini tingkat kesulitan soal enggak berubah. Standar kualitas soal masih mengikuti ketentuan Badan Standar Nasional Pendidikan tahun lalu. 

 

(Baca juga: 5 Kebiasaan Belajar yang Bikin Nilai Ulangan Jelek)

 

Soal-soal high order thinking

Hanya, lanjut Nizam, tahun ini sudah dimasukkan soal-soal berkategori high order thinking. Ada 5-10 persen soal yang berkategori itu. Tahun lalu ada beberapa soal yang menggunakan standar Programme for International Student Assessment (PISA).

 

Soal-soal high order thinking ini dibuat oleh tim guru yang telah mendapat pelatihan dari tim PISA tahun lalu. Menurut Nizam, pihaknya menginginkan UN 2015 menjadi inspirasi bagi anak. Materi soal lebih banyak berkisar pada contoh dalam kehidupan sehari-hari sehingga anak memahami konteks, tidak hanya menghafal rumus atau soal. 

 

"Kami ingin anak-anak tertantang ketika mengerjakan ujian. Soal-soal ini bisa menjadi tambahan pengetahuan. Anak didorong untuk berpikir," katanya.

 

(Baca juga: Mengenali Learning Disability Disorder Atau Kesulitan Belajar)

 

Enggak hanya menghafalkan soal

Perubahan bentuk dan materi soal seperti ini mau tidak mau akan memaksa guru untuk mengubah cara pembelajarannya. Harapannya, guru tidak lagi memberi latihan menghafal pengerjaan soal terus-menerus menjelang UN atau drilling soal. Ketika hanya menghafalkan soal, yang terjadi adalah murid hanya diajari trik-trik mengerjakan soal.

 

"Ini yang terjadi di bimbingan belajar. Anak-anak hanya tahu trik-trik, tidak memahami konsep dan konteksnya," ujar Nizam.

 

(Baca juga: Cara Belajar Efektif Tanpa Stress)

 

(luki/edukasi.kompas.com, foto: giphy.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN