Ujian Nasional: Hindari Stress Sebelum Ujian

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 28 Februari 2014

Ujian Nasional: Hindari Stress Sebelum Ujian

Stress sebelum ujian memang harus dihindari. Kalau kamu sekarang kelas XII dan sedang merasa sulit tidur, detak jantung berdegup kencang ketika di sekolah, dan enggak nafsu makan walaupun makanan yang enak-enak tersedia di kantin, kemungkinan kamu sedang diserang stress syndrome sebelum Ujian Nasional (UN), tuh!  

 

Segala konsentrasi pikiran memang akan tersita untuk soal-soal UN yang bakal kita hadapi nanti. Nah, dalam sisa-sisa waktu yang tinggal beberapa minggu ini, sebenarnya kita masih bisa memaksimalkan agar nanti di hari pertempuran kondisi kita siap, baik secara fisik maupun mental.

 

Fisik dan mental memang jadi dua hal terpenting untuk sukses menjalani UN. Bayangkan apa  yang bakal terjadi jika di hari pertama UN, fisik kita enggak fit karena kelamaan belajar di malam sebelumnya. Bukannya mengisi jawaban di soal, kita malah bakal ngantuk dan pusing karena kurang tidur. Iya enggak?

 

Kondisi mental juga enggak kalah pentingnya. Kalau pikiran stres, menjawab soal bisa berantakan, tuh. Hafalan malah buyar. Bisa gawat kan? Jadi, apa yang harus kita lakukan kalau selalu stres di saat-saat mendekati ujian?

 

"Hahaha... buat apaan mikirin sampai segitunya, kita stres karena mikirnya berlebihan, ya stres sendiri jadinya. Kalau tahun lalu, saat mendekati UN, gue malah kebanyakan nonton DVD sama main PlayStation," ujar Ganther, alumni SMA 68 Jakarta. Tahun lalu, Ganther sukses lulus kok!

 

Beda halnya dengan Reu, cowok ini pilih jalan keluar biar dapat udara segar dan nggak ngerasa jenuh sama ruangan kelas, bimbel, atau kamarnya sendiri.

 

"Kalau gue malah lebih sering jalan bareng anak-anak komunitas motor gue, lumayan bikin rileks tuh," tambah Reu, teman seangkatan Ganther.

 

Golongan teman-teman kita yang memilih tetap santai menjelang UN, bahkan bersenang-senang tanpa belajar, juga bisa lulus kok! Jadi kalian boleh ambil waktu santai kalian, ya tapi jangan kebanyakan juga.

 

(sobri/hai, foto: kemdikbud.go.id) 

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN