Ujian Nasional 2014: Ribuan Siswa Dinyatakan Tidak Lulus

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 19 Mei 2014

Ujian Nasional 2014: Ribuan Siswa Dinyatakan Tidak Lulus

Pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA tahun ajaran 2014 diumumkan Selasa (20/5) hari ini. Dan ribuan siswa dinyatakan tidak lulus. 

 

Tapi sayangnya, sebanyak 8.970 siswa dari total 2.804.659 peserta UN jenjang SMA/SMK/MA dan sederajat dinyatakan tidak lulus tahun ini. 

 

Sebagai informasi, penentuan kelulusan siswa tidak hanya dilihat dari nilai murni UN, akan tetapi juga dari nilai rapor atau nilai ujian sekolah dengan komposisi 60 persen dan 40 persen. 

 

Alasan tidak lulus

Nah, siswa yang dinyatakan tidak lulus adalah jika nilai rata-rata akhir yang diperoleh sejumlah 5,5 dan atau nilai setiap mata pelajaran mendapat angka 4,0.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, andai saja kelulusan diasarkan pada nilai rapor belaka, maka hampir smeua siswa dapat dinyatakan lulus, tapi hal itu tidak dilakukan karena pemerintah masih harus melakukan pemetaan untuk anak dan sekolah.

 

"Hasil UN ini menjadi faktor pembeda karena nilai rata-rata mayoritas 8,0. Jika hanya memakai nilai rapor, selesai sudah. Kita tidak bisa melihat kondisi riil anak dan sekolah untuk pemetaan lebih lanjut," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Senin kemarin di Jakarta.

 

(sobri/hai, foto: lipsus.kompas.com

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN