Transplantasi Sumsum Tulang Belakang Sembuhkan HIV?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 2 Juli 2013

Transplantasi Sumsum Tulang Belakang Sembuhkan HIV?

Dua orang cowok bebas dari infeksi HIV setelah menjalani tranplantasi sumsum tulang belakang. Hal ini diungkapkan seorang ilmuwan kepada Guardian. Dua orang itu sudah lama terinfeksi HIV dan menderita kanker pada darahnya. Makanya, mereka butuh tranplantasi sumsum tulang belakang.

 

Salah satu dari dua orang itu sudah berhenti mengonsumsi obat antiretroviral (obat khusus penderita HIV) sejak empat bulan yang lalu. Para ilmuwan pun tetap enggak melihat adanya infeksi HIV pada sel darah mereka.

 

Menurut staf dari divisi infectious diseases di Brigham, Timothy Henrich, hasil sementara itu belum tentu berarti dua cowok itu sembuh dari infeksi HIV. "Kami harus melakukan pemantauan paling cepat satu tahun buat memahami dampak tranplantasi buat kehadiran HIV," ujar Timothy.

 

Meskipun tranplantasi tulang sumsum bisa menyembuhkan HIV, enggak semua orang bisa melakukannya. Hal ini ada kaitannya sama sistem imun setiap orang. Tapi, hal yang dipelajari para ilmuwan dari kasus dua cowok tadi bisa jadi pelajaran buat menyembuhkan infeksi HIV.

 

(lana, foto: news.sciencemag.org)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN