Terumbu Karang The Great Barrier Reef Rusak Akibat Badai

Published by : Marti Posted on : Kamis, 19 Juni 2014

Terumbu Karang The Great Barrier Reef Rusak Akibat Badai

Berita menyedihkan dari Australia. Terumbu karang taman nasional Great Barrier Reef rusak akibat diterjang badai. Bulan April lalu, topan tropical Ita, badai besar dengan kategori kekuatan skala 5, menyerang wilayah Queensland, Australia. Badai dengan kecepatan angin 105 mil per jam, merusak terumbu karang di wilayah itu.

 

Catlin Seaview Survey, seperti yang diberitakan oleh Mashable, melaporkan bahwa kerusakan area terumbu karang sangat parah. Kerusakan ini ditemukan setelah tim penyelam melakukan survey di bawah laut. "Kami menemukan area dengan kerusakan intensif disamping terumbu karang yang masih sehat dan sempurna, sepertinya terumbu karang ini enggak rusak karena badai," jelas Richard Vevers, direktur proyek Catlin Seaview Survey. Menurut tim yang menyelam sebagian besar area mengalami kerusakan, karena badai ini menyerang lebih dari 55 mil dari garis pantai.

 

Topan Ita merupakan badai terkuat yang menyerang Australia semenjak Topan Yasi tahun 2011. Dari tahun 1995 sampai tahun 2009, 34% kehidupan koral yang berhasil didata oleh Great Barrier Reef Monitoring Program, telah mengalami kerusakan akibat badai yang pernah melanda.

 

 

(stefanie, foto: mashable.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN