Sudah Kenalan Sama Windows 8?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 2 Juni 2013

Sudah Kenalan Sama Windows 8?

Kenalan yuk sama Windows 8, Sistem kerja terbaru dari Microsoft yang ciamik banget. Otak super cepat, tampilan unik dan aplikasi seru, puas banget buat bekerja ataupun hiburan.

 

Dibandingkan  Windows 7, XP dan Vista, Windows 8 ini punya otak yang lebih pintar dan lebih cepat. Waktu booting dari mode mati ke nyala cuma sekitar delapan detik. Cocok untuk PC komputer atau laptop biasa, dan mantap buat tablet atau ultrabook touch screen. Kita harus punya akun Microsoft, yang bisa dibuat di Windows Live atau Hotmail agar bisa pakai semua fitur dan aplikasi di Windows 8. Di sini juga banyak tampilan dan fitur baru yang asyik.

 

Password gambar

Windows 8 bisa memakai gambar sebagai password. Masuk ke Charm Bar, pilih Change Pc Setting lalu  Lock Screen. Pilih gambar, dan tentukan tiga sentuhan untuk password-nya. Bisa berupa titik, garis atau lingkaran.

 

Tampilan seru

Ada dua tampilan, yaitu tampilan desktop kaya Windows lama dan tampilan baru User Interface, yang menampilkan start menu dengan Live Tiles warna warni. Tombol menu start dengan LiveTiles ini tersembunyi di pojok kiri bawah. Isinya adalah aplikasi, program, atau files yang terinstal atau kita pilih. Ukuran, warna LiveTiles dan background juga bisa diatur sesuai selera.

 

Menu unik

LiveTiles ini  menampilakan status atau berita terbaru dari aplikasi yang kita pasang, asal terhubung internet. Misalnya aplikasi News, People, Weather, dan lainnya. Gambar pada tiles akan terus berubah saat ada berita atau status baru. Jadi bisa tahu status atau berita terbaru tanpa harus membuka aplikasinya

 

Charm Bar

Arahkan kursor ke tepi kanan bawah layar maka Charm Bar berisi fitur search, share , start, device dan settings akan muncul. Fitur Search asyik banget untuk mengakses file atau aplikasi dengan mudah sesuai kategorinya.

 

Just drag

Enggak ada tombol  close (x), minimize dan maximize di bagian kanan atas window. Cara adalah dengan  alt+f4  atau klik di tepi atas layar, tahan kemudian tarik (drag) ke bawah.  Untuk mencari aplikasi yang lagi dibuka, tinggal pindahkan kursor ke bagian kiri layar..

 

Aplikasi seru

Ada banyak aplikasi bawaan Windows 8, diantaranya People untuk mengaktifkan akun social media mulai dari email, Facebook, Twitter dan lain-lain. Begitu klik People pada start menu, langsung terlihat daftar kontak akun socmed kita. Bisa dipilih akun mana yang ingin update terus. Ada juga Sky Drive untuk menyimpan  file office, foto, musik ataupun video dan bisa diakses kapanpun, dari gadget apapun. Selain itu masih ada aplikasi Internet Explorer untuk browsing super cepat dan aman, Xbox, Maps, Sports, Music, Video, News dan Travel yang keren banget.

 

Windows Store

Kita juga bisa download berbagai aplikasi atau games seru di Windows Store. Ada lebih dari 20 kategori aplikasi di Windows Store, kaya video, games, social, entertainment dan lain-lain. Asyiknya, banyak yang gratis, lho.

 

Windows Defender

Tanpa harus menginstal anti virus tambahan, pc atau laptop kita sudah otomatis terlindungi, soalnya Windows Defender dengan Microsoft Security Essentials selalu otomatis menyaring semua file saat transfer data ataupun saat browsing.

 

Selain Windows 8, kita juga harus banget nih kenalan sama Windows Phone 8, girls!

 

(adv/aisha, foto: wired.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN