Sokola Rimba (2013): Perjuangan Mengajar Di Rimba Indonesia

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 17 November 2013

Sokola Rimba (2013): Perjuangan Mengajar Di Rimba Indonesia

Siap-siap dibuat takjub dan haru melihat antusias anak-anak pedalaman dalam menuntut ilmu!

 

Sokola Rimba diadaptasi dari novel yang berjudul sama, karya Butet Manurung. Senada dengan bukunya, film ini mengisahkan perjuangan Butet (Prisia Nasution)  mengajar baca, tulis dan berhitung pada anak-anak suku anak dalam, atau Orang Rimba. Mereka tinggal di hulu sungai Makekal di Hutan Bukit Duabelas, Jambi, yang harus ditempuh berjam-jam berjalan kaki untuk benar-benar sampai di dalamnya.

 

Suatu hari dalam perjalanannya menuju hulu sungai, Butet sakit dan pingsan di tengah hutan. Seorang anak yang enggak dia kenal datang menyelamatkan. Nyungsang Bungo (Nyungsang Bungo) nama anak itu. Dia berasal dari Hilir sungai Makekal, yang jaraknya sekitar 7 jam perjalanan dari tempat Butet mengajar. Ternyata Bungo sudah lama diam-diam memperhatikan Ibu guru Butet mengajar.

 

Ditentang penduduk

Pertemuannya dengan Bungo membuat Butet sadar kalau dia harus memperluas wilayah kerjanya ke arah hilir sungai Makekal. Keinginan Butet itu enggak dapat restu, baik dari tempatnya bekerja. Maupun dari kelompok rombong Bungo yang masih percaya kalau belajar baca tulis bisa membawa malapetaka bagi mereka.

 

Namun keinginan yang kuat Bungo dan kecerdasannya membuat Butet akhirnya mencari cara untuk tetap bisa mengajar Bungo. Hingga akhirnya malapetaka yang ditakuti kelompok Bungo betul-betul terjadi. Butet terpisahkan dari masyarakat Rimba yang dicintainya.

 

Lalu bagaimana selanjutnya perjuangan Butet? Apa sebenarnya yang membuat Bungo rela melawan aturan adatnya untuk belajar membaca? Penasaran? Langsung aja saksikan Sokola Rimba di bioskop kesayangan kamu mulai 21 November nanti!

 

Pemeran: Prisia Nasution, Nyungsang Bungo

Produser: Mira Lesmana

Sutradara&penulis scenario: Riri Riza

 

(uci/astri, foto: antaranews.com, indonesianfilmcenter.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN