Sleman, Wisata Seribu Candi

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 13 Mei 2013

Sleman, Wisata Seribu Candi

Biasanya, orang-orang yang pergi ke Yogyakarta akan selalu mengunjungi salah satu candi termegah di dunia, yaitu Candi Borobudur. Candi ini terletak di daerah Magelang. Namun sebenarnya, selain Candi Borobudur dan Candi Prambanan, ada pula tempat lain yang menyajikan ribuan candi unik dan cantik.

 

Tempat yang menyajikan pemandangan seribu candi itu berada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi-candi yang berada disana, baik peninggalan Hindu maupun Budha merupakan pusat peradaban lama di Jawa. Karena banyaknya candi di daerah Sleman, daerah itu sering disebut sebagai Syiwa Plateau.

 

Ada Candi Banyunibo yang berukuran kecil. Berada di hamparan pepohonan hijau, candi ini bisa dinikmati wisatawan sambil beristirahat. Selain berada di lokasi yang menyenangkan, arti dari nama 'Banyunibo' ini pun puitis banget, yaitu 'air yang menetes'.

 

Lain lagi dengan Candi Barong yang terletak di atas bukit dan berdekatan dengan Candi Banyunibo. Karena merupakan bangunan yang berundak, Candi Barong mengingatkan kita pada film Indiana Jones.

 

 Menurut Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Shavithri Nurmala Dewi, wisata candi itu penting. Karena lewat candi, kita bisa belajar ilmu sosial dan berbagai nilai budaya.

 

Ada lagi candi yang bernama Candi Ijo yang berada di sekitar perbukitan kompleks candi Ratu Boko. Letaknya di bawah lintasan pesawat terbang dari Bandar Udara Adisutjipto, bangunan itu bisa terlihat, apalagi saat pesawat take-off atau landing. Sayangnya, masih sedikit orang yang mengetahui keberadaan candi tersebut.

 

Jadi, berminat untuk jalan-jalan ke wisata seribu candi, girls?

 

Sumber: tempo.co.id

(atifa, foto: tourismsleman.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN