Serangga Akan Jadi Makanan Pokok Manusia?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 9 Oktober 2013

Serangga Akan Jadi Makanan Pokok Manusia?

Meski kerap dianggap sebagai hama, ternyata serangga diprediksi bisa jadi makanan pokok bagi manusia dalam beberapa tahun ke depan, lh, girls. Di Asia, Afrika dan sebagian Amerika, serangga sendiri sudah banyak di konsumsi karena dinilai lebih menguntungkan. Soalnya serangga ini jumlahnya lebih banyak daripada sayur, buah atau daging.

 

Kebiasaan memakan serangga ini memicu para ilmuwan untuk menjadikan serangga sebagai bahan makanan utama di dunia. Ini dinilai jadi solusi yang paling pas untuk mengimbangi jumlah manusia yang semakin meningkat. Saat ini saja sudah ada sekitar 2,5 Milyar orang yang doyan mengonsumsi serangga setiap harinya.

 

Beberapa serangga juga dinilai sangat bergizi dan kaya akan protein. Bahkan bisa jadi solusi terbaik untuk mengatasi wabah kelaparan yang terjadi di India, Afrika dan beberapa negara berkembang lainnya.


Didukung hasil penelitian
Rencana untuk menjadikan serangga sebagai bahan makanan utama ini diperkuat oleh penelitian para ilmuwan di Montreal's McGill University yang membahas soal produksi dan distribusi makanan berbahan serangga. Bahkan mereka mengatakan kalau beberapa jenis serangga bisa dibuat tepung untuk roti yang kaya protein.

 

Saat ini mereka pun sedang mencari para petani yang mau membudidayakannya. Bahkan penelitian ini berhasil meraih juga memenangkan Hult Prize dari  Clinton Global Initiative's. "Kami harap langkah ini membawa dampak besar bagi dunia," kata Shobhita Soor, salah satu anggota tim peneliti tersebut, seperti yang dimuat dalam kompas.com


PBB pun mendukung

Enggak cuma didukung oleh hasil penelitian para penelitis tersebut, ide menjadikan serangga sebagai makanan utama bagi manusia pun didukung oleh PBB, lho. Soalnya hal ini dinilai bisa menyelesaikan masalah pangan dunia. Serangga dianggap bisa meningkatkan ketahanan pangan tanpa menimbulkan masalah lingkuang atau ekonomi.

FAO badan PBB yang bergerak di bidang pangan  menerangkan dalam website mereka kalau sebagian besar orang mengonsumsi serangga bukan karena miski atau enggak ada bahan makanan lain. Tapi karena rasanya memang enak.

 

FAO juga memaparkan kalau serangga kaya akan kandungan protein, lemak dan mineral yang bisa menggantikan fungsi kedelai, jangung, kacang-kacangan dan ikan.  Mereka juga cepat bereproduksi sehingga enggak akan terjadi kelangkaan.

 

Hmm, apa pendapat kamu tentang hal ini girls? Setuju seranga dijadikan makanan pokok untuk manusia?

 

(aisha, foto: dok. eattheweeds.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN