Senja Bareng Merkurius dan Venus Sampai Akhir Juni

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 8 Juni 2013

Senja Bareng Merkurius dan Venus Sampai Akhir Juni

Merkurius dan Venus bakal menemani senja kita sampai akhir Juni. Dua planet yang dekat sama matahari ini bakal mulai tampak waktu matahari terbenam. Tapi kita harus cepat, soalnya sekitar pukul 18.30 WIB, dua planet itu bakalan tenggelam di arah barat.

 

Menurut Kompas, waktu yang paling tepat buat melihat dua planet ini adalah Senin (10/6). Bonusnya, kalau kita bisa melihatnya sambil ditemani bulan sabit juga. Cukup mengarahkan pandangan ke arah barat, kita sudah bisa menikmati pemandangan indah ini. Hal ini juga bakal makin sempurna kalau enggak turun hujan dan langit cerah.

 

Sementara itu, minggu depan tepatnya hari Rabu (12/6) jadi saat yang ditunggu-tunggu para astronom. Merkurius akan mengalami elongasi terbesar atau mencapai jarak terjauh dari Matahari, dengan sudut sebesar 24 derajat. Hal ini bakal memudahkan pengamatan mereka. Sampai 20 Juni, Merkurius bakal tampak ada di atas Venus dari pengamatan manusia di Bumi. Setelah itu, giliran Venus yang berada di atas. Merkurius sendiri akan tampak sampai tanggal 27 Juni, sedangkan Venus masih bisa dilihat pada bulan-bulan berikutnya. Ayo kita lihat bareng-bareng, girls!

 

(lana, foto: dok. Stellarium)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN