Sembako Ramadhan: Menyumbang Dengan Uang Rokok

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 3 Juli 2014

Sembako Ramadhan: Menyumbang Dengan Uang Rokok

 

 

Di bulan suci ini adalah saat yang tepat untuk beramal. Salah program amal yang rutin melakukan amal adalah Sembako Ramadhan. Program yang sudah berjalan selama empat tahun ini adalah program mengumpulkan uang rokok untuk digunakan membeli sembako yang disumbangkan bagi orang miskin.

 

Buat kebanyakan orang rasanya harga satu bungkus rokok enggak ada artinya. Tapi kalau uang rokok itu dikumpulkan bisa menghasilkan sembako. Paling enggak dengan enam bungkus rokok, satu keluarga miskin bisa hidup selama satu minggu. Setiap tahun donasi Sembako Ramadhan selalu bertambah, lho. Pada tahun 2011 total donasi adalah Rp13.280.000, yang meningkat menjadi Rp29.900.000 di tahun 2012.

 

Tahun 2013 perolehan donasi meningkat sebanyak 300% menjadi Rp86.400.000.  Meningkatnya total donasi yang terkumpul berarti bertambah banyak keluarga miskin yang terbantu. Paket sembako yang terdiri dari lima liter beras, 1⁄2 liter minyak goreng dan 1⁄2 kilogram gula telah diberikan kepada 332 keluarga miskin di tahun 2011, 640 keluarga di 2012 dan lebih dari 1700 keluarga miskin di tahun 2013.

 

Paket senilai seratus ribu

Tahun ini Sembako Ramadhan akan memfokuskan kegiatannya  di Jakarta sebagai 'Jakarta's city campaign' dengan nilai paket sembako yang diberikan kepada keluarga miskin senilai Rp100.000. The Body Shop, restoran Steak Hotel by Holycow!, restoran Rumate & Bofet Maknyus dan online shop BelowCepek.com, telah memberikan komitmen sebagai partner awal di tahun 2014 ini.  

 

Berminat ikutan?  Kita bisa mengajak ortu, kakak atau siapa pun yang biasa merokok untuk mengalihkan uang rokok mereka bagi keluarga miskin. " Ada sekitar 46 titik titik penyalurkan donasi di berbagai area di Jakarta, di antaranya lewat toko The Body Shop, restoran Steak Hotel by Holycow dan restoran Rumate & Bofet Maknyus! dan masyarakat juga bisa berdonasi secara online lewat www.belowcepek.com," ujar Sekar Sosronegoro, penggagas program ini.

 

Program ini sudah dimulai sejak hari pertama puasa hingga 19 Juli dan paket donasi akan didistribusikan pada 24-25 Juli. Bagi yang ingin berpartisipasi dengan ringkas, donasi dapat ditransfer ke rekening yang tercantum di www.sembakoramadhan.com. Program ini terbuka untuk masyarakat umum, baik perokok atau non perokok. Ikutan, yuk.

 

Website : www.sembakoramadhan.com
Twitter    : @Sembakoramadhan

Facebook Page : https://www.facebook.com/SembakoRamadhan

 

(muti, foto: dok. sembako ramadhan)

 

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN