Sehat Enggak Sih, Tahu Bulat yang Digoreng Dadakan Itu?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 23 Mei 2016

Sering jajan tahu bulat, girls? (foto: TribunnewsBogor.com/Soewidia Henaldi).

Jajanan tahu bulat saat ini sedang populer dan digemari banyak orang. Dengan cara jualan yang unik, memasarkannya dengan mobil bak terbuka sambil memasang jingle "Tahu bulat, digoreng dadakan limaratusan, anget-anget, gurih-gurih nyoooiii" memang menarik perhatian.

 

Agar tetap hangat dan enak dinikmati, tahu bulat baru digoreng saat ada yang membeli. Digoreng dengan minyak yang banyak dan panas hingga tahu matang dan garing. Rasanya yang gurih akan membuat kita menikmatinya lagi, lagi, dan lagi. Sebenarnya, sehat enggak sih, tahu bulat yang digoreng dadakan itu?

 

(Baca juga: Ini Alasan Tahu Bulat Harus Digoreng Dadakan yang Viral di Social Media)

 

Sama seperti gorengan lainnya

Sayangnya, jajanan ini tak bisa dikatakan sehat. Sama seperti jajanan gorengan lainnya. Pasalnya, tahu digoreng dengan minyak panas dalam jumlah banyak. Minyak yang dipanaskan akan berubah menjadi lemak trans, yang membuat komposisi kimia dalam minyak berubah. Inilah yang kemudian memicu penumpukan lemak di pembuluh darah dan bahkan dapat memicu kanker.

 

“Minyak sayur yang dipanaskan dan dipakai berulang kali akan berubah dari minyak tidak jenuh ganda menjadi minyak trans. Dalam sehari, minyak trans ini hanya boleh dikonsumsi kurang dari 1% dari total kalori per hari. Jika lebih dari itu, bisa menjadi sumber penyakit nantinya,” jelas dokter spesialis gizi klinik FKUI Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK saat dihubungi Kompas.com (20/5).

 

(Baca juga: 3 Tips Mengurangi Efek Buruk Makanan Gorengan)

 

Karena cara pengolahannya

Sebenarnya, tahu adalah makanan sehat. Karena, tahu dibuat dari kedelai yang merupakan sumber protein nabati yang penting untuk dikonsumsi tubuh. Namun, cara pengolahan yang tidak tepat justru membuat tahu kehilangan label sehat.

 

“Tahu yang dimasak dengan ditumis dengan sedikit minyak, tentu lebih sehat jika dibandingkan dengan tahu yang digoreng dengan minyak yang sudah berulang kali dipakai,” jelas dr. Fiastuti. (bestari/ health.kompas.com)

 

(Baca juga: 3 Fakta Tentang Chitato Rasa Tahu Bulat yang Ramai di Socmed)

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN